Bank Mandiri Jawaban Segala Keinginan dan Kebutuhan Anda

By poetry - 22.17

Blog Kontes Bank Mandiri

 SEO Kontes Bank Mandiri
We treat you as a strategic asset, slogan ini menjadi guarantee sebuah perusahaan yang meletakkan asset sumber daya menjadi bagian dari strategi perusahaan untuk meraih keberhasilan. Oleh karena itu Management Human Resource Deveopment bukan lagi sebatas personalia, HRD saja tapi lebih dari itu, perusahaan tahu bagaimana memperlakukan sumber dayanya, terencana dalam proses perekrutan, penyeleksian, penarikan hingga tahap berikutnya, pelatihan, training, pemberian gaji atau salary, pemberian bonus, reward punishment, jenjang karir yang jelas, pemberdayaan dan lain sebagainya. Treat bisa jadi terkait dengan cara yang diberikan perusahaan menghargai sumber daya yang dimiliki ketika memiliki potensi lebih, perlu sarana wahana yang diberikan oleh perusahaan untuk mampu meng-explore atau menggali bahkan menyalurkan capabilitas employee-nya untuk kemajuan perusahaan. Seorang pekerja atau karyawan bisa merasa bahagia bukan semata kenaikan gaji tapi merasa dihargai atas prestasi yang telah di raih. Itulah pentingnya MHRD yang smart yang mampu menangkap potensi, serta memiliki respon tidak hanya cepat, tanggap, tepat, untuk memberikan treat terbaik bagi karyawan yang dinaungi. Kalau boleh saya katakan perbedaan dari perusahaan kuno (terbelakang) dengan perusahaan modern adalah kemampuan sebuah perusahaan untuk mampu mengakomodir sumber daya yang dimiliki, melejitkan potensi setiap pribadi, yang memberikan kebermanfaatan dan keberlangsungan roda pemerintahan perusahaan (simbiosis mutualism). Begitulah yang saya fikirkan ketika membaca website Bank Mandiri. Rubrik yang paling diminati sebagai pembaca tentunya adalah rubrik karir, bagian yang tidak hanya sebagai media perekrutan sumber daya terbaru tapi juga menjawab tantangan yang dibutuhkan perusahaan serta terbuka untuk   pemikiran baru, tagline “Terdepan, Terpercaya tumbuh bersama Anda”, bukan hanya sebagai motto saja yang bisa ditebarkan setiap saat, tapi sebagai bukti bahwa sebagai perusahaan sendiri Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia hadir untuk menjadi bagian masyarakat, menyentuh ruang hati dari para user atau customer, mewujudkan pertumbuhan yang tidak sekedar berkembang saja melalui program terbaik yang unik diinginkan sekaligus dibutuhkan, didukung SDM yang mumpuni serta level top manajemen yang tegas.



Sebagai bank terbesar di Indonesia, Bank Mandiri hadir menjadi lembaga finance yang memiliki asset tumbuh lebih dari 571,8 triliun per hari dengan 28.000 pekerja terbesar di 1643 cabang didalam negeri dan 7 cabang di luar negeri. Bank Mandiri berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik perbankan yang prima, tidak sekedar memuaskan tapi sekaligus mengesankan, menyediakan berbagai produk-produk syariah seperti asuransi untuk individu maupun atas nama corporate, komersial, bisnis kecil, pelaku mikro maupun consumer client. Bank Mandiri menegmbangkan aspirasi atau cita-cita karir sebagai professional banker di Indonesia yang bukan hanya memuaskan, mengagumkan, tapi lebih dari itu mengagumkan dan memiliki institusi keuangan progresif (maju atau berkibar).

Cita-cita menjadi pemain utama di wilayah regional Asia Tenggara. Ada beberapa point yang akan saya catat; 1) First class professional candidates, Mandiri Treasury terbaik di Indonesia untuk transaksi valuta asing. Mandiri the best fix bank in Indonesia. 2)Bunga 6,75% fix 2 tahun / 9,7% ditahun  ke 3. Mandiri e-money, e-fly, reinventing priority 3) Mandiri Call 14000 4) bersinergi dengan IT  (layanan 24 jam , Mandiri ATM, SMS, Call, Mobile, Internet Bisnis) cepat mudah nyaman. Sedangkan untuk produk layanan Bank Mandiri  antara lain sebagai berikut, lihat gambar berikut :


Dari beberapa layanan seperti Mandiri KTA, Mandiri KPR, Mandiri Tabungan, Mandiri Tabungan Rencana, Mandiri Kartu Kredit banyak menjadi pilihan. Sedangkan bagi pelaku usaha seperti kami, transaksi non tunai berupa kliring menjadi salah satu pilihan karena menganggap transaksi kliring seperti cek lebih efisien dan aman.
Bank Mandiri berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998, melalui program restrukturisasi perbankan oleh pemerintah pada bulan Juli 1996. Empat bank tersebut antara lain Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia dilebur menjadi satu. Seperti kita ketahui bahwa peleburan menjadi senyawa saja membutuhkan reaksi kimia, apalagi peleburan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan seperti Bank Mandiri. Keberhasilan mengganti platform teknologinya secara menyeluruh, mewarisi dan meneruskan 9 core banking system., program core banking platform, dan sistem pengolahan data straight through.

Visi menjadi bank terdepan di Indonesia, bank public bank blue chip public di Asia Tenggara. Fokus segmen menurut saya multi segment, segmen korporasi, komersial, mikro dan retail, dan pembiayaan konsumen. Menjadi Bank multispesialis yang dominan= multisegmen. Transformasi adalah syarat utama, oleh karenanya budaya, penjualan, aliansi, control NPL, bertujuan agar Bank Mandiri menjadi service leader. 

Ada beberapa tahapan yang dilakukan Bank Mandiri sendiri dalam kinerjanya, diantaranya Back on Track yaitu merekonstruksi ulang fondasi, outperform the market/ ekspansi, shaping the end game yaitu menjadi bank regional terdepan konsolidasi dari bisnis jasa dan strategi.
Dari pemaparan diatas kita dapat membaca bagaimana, visi misi dari Bank Mandiri, segment, target dan positioning dari Bank Mandiri, kemudian produk layanannya, mengetahui Kekuatan (Strength), Kelemahan (Weakness), Ancaman (threat), Peluang (Opportunity) serta mendapatkan bagaimana gambaran atau performa keuangan, perfoma kinerja, performa SDM, performa manajemen dan lain sebagainya.
Berdasarkan survey Marketing Research Indonesia (MRI) selama 4 tahun Bank Mandiri menempati atau memberikan pelayanan prima selama 4 tahun berturut-turut 2007, 2008, 2009, 2010. Penerapan GCG; Good Corporae Governance ini menjadi kekuatan bagi Bank Mandiri. Saya yakin kalau peningkatan kerja hasilnya akan berbanding lurus dengan respon positif yang diberikan investor tercermin dengan meningkatnya harga saham yang naik pertahun hingga 33,6% (CAGR), kurang dari enam tahun nilai kapitalisasi Bank Mandiri meningkat 7 x lipat menjadi 146, 9 triliun dari 21,8 triliun.
Setelah melakukan program transformasi I berikutnya tahun 2010-2014 melakukan revitalisasi visi menjadi lembaga keuangan Indonesia yang paling dikagumi dan selalu progresif target mampu mencapai nilai kapitalisasi pasar terbesar di Indonesia di atas Rp 225 triliun. Pangsa pasar mendekati 16%, ROA 2,5%, ROE 25%, NPL Gross kurang 4%.

Cita-cita Bank Mandiri untuk masuk dalam jajaran top 5 bank ASEAN, dan berikutnya di tahun 2020 berusaha meraih jajaran top 3 bank ASEAN dalam hal nilai kapitalisasi pasar dan menjadi pemain utama di regional. Begitulah strategi jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang Bank Mandiri.

Transformasi bisnis di fokuskan pada penguatan leadership, aspirasi bank pilihan nasabah (deposit), aspirasi dalam pembiayaan ritel, di dukung penguatan organisasi, peningkatan infrastruktur, risk management (cabang, IT, operation, terpadu intregrated), SDM handal, teknologi update, dan penerapan GCG. Membangun kerja berbasis kinerja itulah yang dibutuhkan, begitu juga sistem organisasi SBU (strategic business unit) .

                                       Pencapaian Bank Mandiri;
      Tahun 2006                                    Tahun 2011 (Des)
Total Aset   Rp 551,9 triliun  15,6% CAGR      Rp  267 triliun
Kredit         Rp 118 triliun      22% CAGR        Rp  314,4 triliun                 
Net profit    Rp 2,4 triliun       28,3%                 Rp    12,2 triliun  
Penyimpanan                                                     Rp 422,3 triliun 
Nilai Gross                             2,21%
Net NPL Ratio                       0,52%
Modal                                     48,9%                Rp   62,7 triliun   
Dari sini dapat kita pelajari bahwa Bank Mandiri juga menerapkan iklim berprestasi terbukti menjadi bank pertama Indonesia yang meraih gelar Bank Internasional menurut Banking Architecture (Arsitektur Perbankan Indonesia/API), didukung jaringan ATM terbesar, pelayanan terbaik 4 tahun berturut turut, dan Terpercaya Good Corporate Governance (GCG) melalui Budaya TIPCE ; Trust (keyakinan), Integrity (satu kesatuan, berfikir, berkehendak, perkataan, perbuatan atau berperilaku), Profesionalism (komitmen bekerja, tuntas, akurat), Customer Focus, Excellence (terbaik dan eternity)

Bank Mandiri “Terdepan, Terpercaya tumbuh bersama Anda”, Anda berarti (anda, saya, anda semuanya). (Artikel ini saya tulis kelanjutan dari artikel saya sebelumnya berjudul Inovasi untuk Indonesia Mandiri melalui bentuk usaha Wedding Planner Sosial.)
sumber: website Bank Mandiri                                   














  • Share:

You Might Also Like

3 Comments