PTPN X Citra Terbaik Produksi Gula Dunia, Bergairah melalui Potret Wisata Sejarah

By poetry - 00.51

Penyerahan tampuk kepemimpinan atau tongkat estafet dari Sjafrie Syamsoedin kepada Rudi Wibowo membawa PTPN X untuk melanjutkan visi PTPN menjadi leader BUMN gula, terlebih lagi menjadikan produksi gula Indonesia mendunia.

PTPN didirikan berdasarkan PP RI No. 15 tanggal 14 Februari 1996 tentang pengalihan bentuk BUMN dari PT. Perkebunan eks PTP 19, eks PTP 21-22 dan eks PTP 27 menjadi PT. Perkebunan Nusantara X (Persero) tertuang dalam Akte Notaris Harun Kamil, SH No. 43 tanggal 11 Maret 96, yang mengalami perubahan kembali sesuai Akte Notaris Sri Rahayu Hadi Prasetyo, SH No. 01 tanggal 12 Juli 2002. Secara sekilas kita bisa berpendapat industri gula PTPN saat ini, hanya berorientasi pada pasar dalam negeri. Ditinjau dari segi organisasional PTPN X sendiri sudah memiliki struktur organisasi jelas, termasuk para pemangku jabatan pada top level manajemen dan para komisaris yang mumpuni.

PTPN memiliki tiga unit bisnis antara lain gula untuk mengakomodir kebutuhan domestic. Berikutnya, tembakau untuk domestic maupun ekspor/ internasional. Selanjutnya Rumah Sakit bertujuan memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat perkebunan dan masyarakat umum. 

Visi PTPN menjadi leader BUMN perkebunan gula di Indonesia. Menjadi perusahaan agribisnis perkebunan yang terkemuka di Indonesia, tumbuh berkembang bersama mitra sehingga ditunjukkan pula pada logo baru PTPN. Misi PTPN adalah pertama menghasilkan produk berbasis bahan baku tebu. Kedua, tembakau berdaya saing tinggi untuk pasar domestik  dan internasional. Ketiga, memberikan layanan kesehatan, mewujudkan nilai-nilai perusahaan untuk kepuasan stakeholder melalui kepemimpinan, inovasi, kerjasama organisasi tim efektif, company business philoshopy yaitu kejujuran, kepercayaan, keterbukaan, kooperasi, harmonis dalam produktifitas kerja, serta tingginya budaya kerja meliputi cepat, ahli, cerdas, akurat, dan berdedikasi tinggi.

Implementasi  GCG, tata kelola perusahaan PTPN X sudah sejak tahun 2006. GCG memasukkan tata kelola perusahaan, pedoman perilaku, filosofi perusahaan 5K (Kejujuran, Kepercayaan, Keterbukaan, Kerjasama dengan Keselarasan, dengan budaya kerja 5C (Cepat, Cekatan, Cerdas, Cermat, Citra), serta buku pedoman kerja SOP tercermin dalam visi, misi, strategi, hubungan kerja antara manajemen dan karyawan, satuan pengawas intern, komite audit, dan bukti laporan keuangan di media cetak (koran).  

Sebuah perusahaan akan tetap eksis atau hadir jika selalu mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Dalam urusan teknologi, PTPN X telah menggunakan teknologi informasi (Geographic information system), bukan itu saja menambahkan akses pengadaan barang dan jasa secara elektronik (eProcurement).

Berdasarkan website (situs) PTPN produksi unit usaha gula dari tahun 2006 terjadi kenaikan. Ditahun 2008 terjadi penurunan begitu juga tahun 2009. Tahun 2010 produksi unit usaha mengalami perluasan areal kembali, akan tetapi di tahun 2011 terjadi penurunan. Berturut-turut tahun 2010, 2011 terjadi penurunan produktifitas tebu tetapi rendemen naik begitu juga produksi hablur, produksi gula mengalami kenaikan sedang produksi tetes  mengalami penurunan. 

Dalam perkembangannya banyak sekali perubahan, beralih fungsi, bahkan termasuk sebuah inovasi agar sebuah perusahaan tetap eksis. Kalau kita bisa mengambil sample satu unit bisnis yang dimiliki PTPN X yaitu gula. Maka kita bisa belajar banyak atau tukar informasi dari keberadaan pabrik gula Madukismo, terlepas dari  kekurangan atau kelemahannya, pabrik gula Madukismo memiliki filosofi sejarah sebagai pabrik tua yang berdiri pada tahun 1955. Besi bekasnya-pun bermanfaat untuk membangun jembatan yang legendaris. Pabrik gula Madukismo memiliki bangunan tua dengan halaman luas, mesin kuno, rel kereta dan pengangkut tebu. Menyediakan paket wisata bagi setiap peserta yang ingin menikmati wisata agro dan museum ini, akan tetapi bagi mereka yang tertarik berkunjung harus mendaftar terlebih dahulu. Di tempat tersebut, kita dapat melihat pembuatan gula dan hasil sampingannya. Untuk memudahkan pengunjung, product knowledge usaha digambarkan secara audio visual. 

Lebih asyiknya lagi, perjalanan menggunakan kereta menuju areal pabrik yang satu ke pabrik yang lain menjadi pengalaman tersendiri. Peserta diajak melihat proses produksi gula, proses produksi spriritus, tahap pengenceran bahan baku, peragian/ fermentasi dan penyulingan. Yang tidak kalah menarik, melakukan napak tilas melewati rel-rel kereta, melihat pemandangan sawah hijau, menyaksikan berbagai ritual seperti cembengan, ritual memohon berkat agar proses penggilingan dapat berlangsung lancar, Kirab tebu temanten, penggilingan pertama, kesenian jathilan, pasar rakyat, penanaman kepala kerbau dan sapi, sesajian, pembacaan ayat suci Al Quran, pagelaran wayang kulit dan sebagainya bisa menjadi bahan masukan untuk menjadikan pabrik gula sebagai tujuan utama wisatawan.  

Tidak jauh berbeda dengan Pabrik Madukismo, Museum Gula Gondang Baru Klaten menawarkan pengetahuan tentang sejarah gula. Museum dijadikan alternative wisata karena keberadaan alat produksi pengolahan batang tebu menjadi kristal gula dan perkembangan teknologi menarik untuk diikuti. Pameran foto dilengkapi dengan keterangan seperti fungsi dan tahun berapa pembuatannya, atau keterangan lainnya juga bisa mendukung bagi pengunjung untuk memahami sejauhmana sejarah pabrik gula. Melalui icon Simbah yaitu lokomotif tua, museum ini banyak dikenal. Museum yang diresmikan Sabtu Kliwon 11 September atas prakarsa Gubernur Jateng Soeparjo Roestam dan dukungan Dirut PTPN XV-XVI. 

Dari ulasan yang penulis sampaikan diatas, maka pabrik gula dapat berperan optimal dalam meningkatkan ekonomi daerah, dengan syarat apabila akan dilakukan pengembangan atau inovasi menjadikan pabrik tidak hanya sekedar pabrik untuk produksi gula saja akan tetapi berfungsi ganda sekaligus menjadi open fabric sebagai tujuan wisata sejarah pabrik gula. Yang perlu dilakukan oleh perusahaan belajar dari para pendahulunya (seperti contoh diatas Pabrik Gula Madukismo, dan Museum Gula Gondang Baru Klaten) kelebihan dan kekurangannya, agar tidak stagnant atau usaha hanya berjalan saja tapi tidak menujukkan potensi yang melejit. Oleh karena itu, apabila salah satu unit bisnis dari PTPN X ini misalnya pabrik gula dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata yang harus dilakukan adalah menentukan branding icon terlebih dahulu, strategi promosi dan pemasaran yang tepat, fasilitas obyek yang prima, mesin-mesin pabrik gula yang terawatt dengan baik, menggiatkan agenda-agenda seni budaya dan kedaerahan, bahkan mengajak masyarakat untuk membuat oleh-oleh atau cinderamata khas pabrik gula PTPN X. Dan terakhir, akan lebih baik jika kedua atau tiga hal unit bisnis tersebut dapat berintegrasi secara baik seiring dan sejalan. 

sumber: 

http://www.ptpn10.com/
http://isackfarady.wordpress.com/2012/01/30/museum-gula-manisnya-sejarah-gula-indonesia/
http://pristality.wordpress.com/2011/03/01/museum-gula-gondang-klaten-satu-satunya-di-asia-tenggara/

  • Share:

You Might Also Like

9 Comments

  1. dekat rumah saya juga bekas pabrik gula, yang tertinggal hanya rel saja :)

    BalasHapus
  2. shijun !
    louis vuitton outlet
    snow boots
    tory burch outlet online
    ugg outlet
    true religion outlet uk
    mulberry handbags
    tiffany jewellery
    ferragamo outlet
    fitflops uk
    fitflops clearance
    michael kors uk outlet
    hollister clothing store
    ugg outlet
    michael kors factory outlet
    ferragamo shoes sale
    oakley sunglasses canada
    barbour coats
    cheap ray ban sunglasses
    discount ugg boots
    ugg outlet
    wellensteyn jackets
    fitflops clearance
    hollister shirts
    burberry outlet store
    louis vuitton bags
    black friday 2015
    ray ban sunglasses
    canada goose jackets
    cheap ugg boots
    burberry outlet
    cyber monday 2015
    beats headphones
    fitflops clearance
    tiffany jewelry
    kate spade uk outlet
    replica watches
    fitflops uk
    ray ban sunglasses
    burberry outlet online
    woolrich outlet
    burberry outlet sale
    oakley sunglasses uk
    mulberry handbags sale
    ugg sale
    mulberry outlet
    ugg boots outlet,ugg outlet
    rolex watches,rolex watches,swiss watches,watches for men,watches for women,omega watches,replica watches,rolex watches for sale,rolex replica,rolex watch,cartier watches,rolex submariner,fake rolex,rolex replica watches,replica rolex
    oakley sunglasses sale
    ugg boots
    parajumpers coats
    kate spade outlet
    true religion outlet
    uggs outlet
    nobis outlet
    mulberry handbags
    mulberry outlet,mulberry handbags outlet
    belstaff jackets
    ugg outlet
    beats headphones
    true religion jeans
    mulberry bags
    lululemon uk
    omega outlet
    toms outlet
    tory burch sale
    rolex watches for sale
    ugg boots
    ugg australia
    coach outlet store
    moncler jackets
    black friday deals
    swarovski outlet
    kate spade uk
    tory burch outlet
    ray-ban sunglasses
    canada goose jackets
    oakley sunglasses
    true religion uk outlet
    moncler outlet
    cyber monday deals
    michael kors outlet uk
    michael kors uk

    BalasHapus