Pentingnya Kampanye Makan Seafood

By poetry - 00.11



Pada hari Minggu 3 November 2013, di kediaman Ibu Wiwik, Jl. Tongkol II Minomartani diadakan pertemuan pengurus setiap bulannya. Selain membahas tentang agenda perbulan, serta kegiatan apa saja menjelang hari pahlawan dan hari Ibu, digelar Kampanye Ayo Makan Seafood dari Fiesta. Dalam sosialisasi tersebut dibawakan oleh Hj. Bambang Suroto dan Ibu Joko, yang berisi penyadaran kepada masyarakat bahwa pentingnya konsumsi seafood bagi kecerdasan dan pertumbuhan anak, tapi juga seafood baik untuk keluarga. Selain itu, dalam kegiatan Kampanye Makan Seafood juga diinformasikan digelar berbagai acara, baik itu lomba menggambar, lomba supporter Fiesta Seafood, dll. (mudah-mudahan bisa terlaksana, karena saya ditunjuk sebagai koordinator supporter nich). 

ketika mendapat sosialisasi dari ketua PKK/ kader (pic.kurnia fiesta)
 
Sebagai pengurus PKK sekaligus ibu kader gerakan kampanye makan seafood juga saya tularkan kepada keluarga dan ibu-ibu anggota dasawisma saya (yang diberi nama Dasawisma Raflesia). Pada hari Selasa, 5 November 2013, bertepatan dengan Tahun Baru Islam 1435 Hijriyah, ditempat  ibu Suwarno saya mencoba membagi pengetahuan saya tentang kampanye makan seafood. Karena anggota dasawisma saya termasuk orangnya kritis-kritis maka saya harus mengantongi berbagai informasi. Alhamdulillah saya sempat mengunjungi blog fiestaseafood.

Putri Ana Nurani
Saya mendapatkan pertanyaan dari ibu anggota ibu dasawisma Raflesia. Bagaimana dengan ibu yang mengidap diabetes, kolesterol, penyakit lainnya, bukannya berbahaya makan seafood, apalagi cumi-cumi, kepiting, tiram dll. (wach pertanyaan yang bagus).  Biasanya nich , sebuah produk hanya memberikan kebaikan-kebaikan atau kabar baik segala sesuatu yang berkaitan dengan produknya, tapi tidak menyampaikan tentang kekurangannya. 

Yang pertama saya lakukan adalah Memberikan alternative seafood yang bisa dikonsumsi. Ikan misalnya, konsumsi ikan bermanfaat untuk penurunan risiko penyakit jantung koroner (PJK), tekanan darah tinggi, stroke, beberapa jenis kanker, rheumatoid arthritis dan penyakit inflamasi lainnya.  Konsumsi ikan (yang merupakan salah satu jenis seafood juga membantu mengontrol berat badan dan perkembangan kognitif anak). Seafood sendiri memiliki komponen gizi penting untuk kesehatan, antara lain:  

Protein lengkap, karena mengandung semua asam amino esensial. Asam amino esensial dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan perbaikan sel.

Lemak. Terdiri dari omega-3,omega-6 dan omega-9.  Dalam jumlah yang tepat, kerja dari asam lemak omega tersebut akan saling mendukung dalam menjaga kesehatan tubuh.  Asam lemak omega-3 berfungsi untuk menurunkan kadar trigliserida darah, menghindari penyumbatan pembuluh darah dengan mencegah terjadinya penggumpalan keping-keping darah, menurunkan tekanan darah, menurunkan resiko kanker, dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, serta berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan otak dan mata janin.  Asam lemak omega-6 berfungsi untuk memperbaiki resistensi insulin dan menurunkan insiden diabetes, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah dan juga untuk perkembangan otak pada anak-anak.  Sementara itu, asam lemak omega-9 untuk mengurangi kadar lemak jahat dalam darah. Asam lemak omega penting untuk tumbuh kembang anak.

Vitamin dan Mineral Vitamin B, A dan D, serta mineral seperti fosfor, kalium dan selenium.  Selenium sendiri adalah antioksidan potensial yang mampu melindungi sel dari kerusakan oksidatif
 
Kenapa saya mendukung Kampanye Ayo Makan Seafood?

Flashback zaman dahulu, kenapa saya tidak suka Seafood. Dirumah saya, waktu kecil mama jarang sekali memasak ikan di dapur kalau toh makan ikan pasti hasil dari membeli bukan buatan sendiri. ya tentu saja karena bau amisnya yang nggak tahan,apalagi memasak ikan kudu menggunakan bumbu yang bermacam-macam alias komplit biar ikan tidak amis (wach ribet khan). Ini juga yang membuat saya dirumah jarang memasak ikan, padahal ada seorang bidadari cantik (Sukma Pinilih Putri Pawenang) dirumah yang harus dan wajib diperhatikan kesehatannya melalui konsumsi nutrisi terbaik. Nha, sebagai ibu saya harus cerdas memilih asupan makanan apa saja yang memiliki gizi dan nutrisi tinggi khususnya bagi buah hati. 
sukma pinilih putri pawenang& mama
Pengennya sich menyediakan ikan selalu setiap hari, jika sempat membeli tidak apa-apa, tapi kalau kesibukan dan waktu yang terbatas saya harus memilih produk seafood beku yang praktis,sehat, bernutrisi tinggi, dan gampang di sajikan (saya rasa, dengan memasak sendiri akan lebih terjamin kebersihannya). 

Saya tidak mau pengalaman lampau karena kurang memahami manfaat dari makan seafood terlebih ikan, saya kurang atau bahkan tidak suka makan ikan. (padahal pola makan ini tidak boleh menular pada putri saya, makanya, sedapat mungkin setiap hari harus ada seafood (ikan atau udang di rumah saya). Terlebih menyadari pentingnya kandungan gizi nutrisi pada seafood untuk buah hati. 


Kenapa anak harus makan seafood?
Kesadaran bahwa seafood penting untuk perkembangan otak karena seafood mengandung Omega 6 Omega 9  membantu melawan kolesterol jahat, dan Asam Amino essential sangat penting untuk metabolisme tubuh. (Menurut ahli gizi, seafood mengandung gizi protein bermutu tinggi, rendah kandungan lemak jenuh, tinggi kandungan asam lemak omega 3, 6, dan 9, serta sumber vitamin dan mineral sehingga penting untuk kesehatan jantung, selain seafood dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak)

Kenapa Fiesta Seafood?
Saya yakin Kualitas Fiesta Seafood bisa dipercayai yaitu menggunakan udang dan ikan yang 100% bebas antibiotik, tidak mengandung bahan pengawet, satu lagi. proses pengolahannya higienis dan mudah didapatkan.

FIESTA Seafood, produk makanan olahan dari PT Central Proteinaprima Tbk, diluncurkan pada 27 Agustus lalu untuk mendukung kampanye bertajuk ”Ayo Makan Seafood”. PT Central Proteinaprima atau CP Prima merupakan perusahaan integrasi aquacultured dan penghasil udang (Vannamei) terbesar di Indonesia. CP Prima, produsen makanan olahan berkualitas tinggi, segar dan sehat untuk pasar Indonesia. 

Apalagi Indonesia merupakan negara maritim terbesar di dunia dengan luas laut 5,8 juta km. Namun, perlu diketahui bahwa jumlah masyarakat Indonesia yang mengonsumsi seafood terbilang rendah jika dibandingkan negara Vietnam, Thailand, Filipina, Singapura, dan Malaysia. Selain disebabkan kurangnya informasi juga pengembangan sumber daya kelautan masih minim. Fakta inilah yang melatarbelakangi kampanye ”Ayo Makan Seafood” dari FIESTA Seafood. (Sepertinya jika melihat kondisi saat ini harga daging yang melambung tinggi meski sempat naik turun, ajakan makan seafood bisa menjadi solusi brilliant buat keluarga).

Seiring dengan program  pemerintah melalui Kementerian Perikanan dan Kelautan, yaitu Gemar Makan Ikan, maka Fiesta Food sendiri menggelar kampanye Makan Seafood. Melalui para kader PKK terpilih, untuk menyampaikan informasi tersebut.

Selain para kader, menurut saya keberhasilan sebuah produk didukung oleh peran Brand ambassador yang tepat untuk sebuah produk sehingga mampu menentukan keberhasilan produk diterima di pasaran. Tidak salah kalau chef Idola saya dan buah hati menjadi Brand Ambassador Kampanye Ayo Makan Seafood. (Chef Arnold Poernomo, juri MasterChef Indonesia).


Dan Kampanye Ayo Makan Seafood sebagai kontribusi dari Fiesta seafood, guna memberikan edukasi bagi masyarakat bahwa mengkonsumsi seafood sangat penting bagi kesehatan. 

Nha artinya makan fiesta seafood bukan hanya diperuntukkan untuk anak ketika mereka sulit makan, fiesta seafood harus menjadi sajian setiap hari bagi anak untuk tumbuh kembang kecerdasan mereka, serta untuk ibu-ibu, serta  keluarga untuk kesehatan keluarga. Meskipun banyak variant yang ditawarkan pasti dan harus ada adalah seafood stick (yaitu kombinasi dari olahan ikan dan udang berkualitas tinggi berbalut tepung roti.)

  • Share:

You Might Also Like

4 Comments