SERTIFIKASI DAN HAK PATEN SALAK PONDOH, SPIRIT BARU BAGI WARGA SLEMAN

By poetry - 00.44



Kegembiraan bagi kami warga Sleman ketika salak pondoh mendapatkan sertifikasi atau hak paten. Ini memberikan spirit baru bagi kami terlebih bagi pemilik ataupun petani salak pondoh.  

salak pondoh 
Salak pondoh yang merupakan komoditas unggulan Kabupaten Sleman, DIY  memiliki sertifikasi Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dari Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Sertifikat diserahkan tepatnya pada hari Selasa, 27 Agustus di Keraton Yogyakarta. Sertifikat HAKI diberikan kepada Komunitas Perlindungan Indikasi Geografis Salak Pondoh Sleman (KPIG-SPS) sebagai penghargaan selama ini telah menanam salak pondoh.

Salak  pondoh sudah dipanen raya sebelumnya, 
namun karena hari ini saya libur natal,
 makanya saya ingin mengenalkan kepada Sukma Pinilih 
segala sesuatu tentang salak pondoh 
dan memanen sendiri salak.
Tanggal 25 Desember 2013 pk 11.45wib 
kami ajak ke kebun salak Turi.

HKI Perlindungan Hak Indikasi Geografis (HIG) selain mengatur secara rinci bagaimana kondisi geografis lahan salak pondoh di Sleman, baik dari kadar keasaman atau PH tanah juga mengenal atau mengidentifikasi karakteristiknya yang membuat rasa salak pondoh memiliki rasa unik (unique) atau berbeda (different) dengan salak pondoh yang ditanam di daerah lain.

Lek Nur menunjukkan 
bagaimana mengambil salak 
dari batang dan tangkai pohon 
(memanen)

Karakteristik khas yang dimiliki salak pondoh dipengaruhi oleh berbagai hal, diantaranya faktor lingkungan geografis yaitu kondisi alam, manusia, pemeliharaan (treatment) atau beberapa hal lainnya yang juga mendukung terbentuknya ciri khas dan kualitas tertentu pada produk atau barang yang dihasilkan. 

kebun salak

Selain faktor lingkungan, faktor budaya juga bisa berpengaruh, banyaknya kegiatan yang digelar sebagai salah satu wujud pelestarian salak dan promosi pariwisata salah satunya memunculkan tarian salak pondoh sebagai penggambaran bagaimana wujud rasa syukur para petani kepada Tuhan yang telah memberikan hasil panen yang berlimpah. 

kebun salak setelah dipanen raya


Ini membuktikan bahwa masyarakat Sleman sendiri begitu mencintai salak pondoh sebagai ikon DIY. Sehingga perlu dukungan serta mendorong digelarnya berbagai festival salak pondoh misalnya dilaksanakan tepat pada tanggal 27 Agustus. Dengan adanya aktivitas budaya ini menunjukkan bahwa tanaman salak bukan hanya sekedar tanaman biasa namun bagaimana salak menjadi symbol keterikatan antara warga Sleman, petani Salak, berbagai pihak dengan lingkungan alamnya.

Disatu sisi perolehan sertifikat HKI juga memberikan konsekuensi bagi siapapun yang berkeinginan memproduksi buah salak pondoh (dalam jumlah skala besar atau kecil ) khususnya untuk orientasi bisnis, karena mau tidak mau harus mendapatkan izin dari Pemkab Sleman.  

Bukan itu saja setiap produk olahan yang menggunakan label salak pondoh, maka bahan baku salaknya harus membeli dari petani Sleman, (tujuan mulia agar petani salak pondoh terus hidup berkelanjutan (exist), dengan catatan para penerus generasi berikutnya juga memiliki keinginan kuat untuk mempertahankan, meneruskan dan melestarikan dan tidak tergoda untuk menjual atau mengalihfungsikan lahan menjadi bentuk lain, agar lahan salak pondoh tetap selalu ada. Tentunya kita harus fleksibel mengikuti perkembangan IT, dan menerapkan intregated marketing bersama pelaku usaha, desa wisata dan pelaku pariwisata, atau pihak terkait lainnya, agar salak mampu mendunia.

salak pondoh tetap lestari

dua harapan besar putri
generasi kini

Harapan besar bagi kami petani salak1. semoga kebun salak pondoh (desa wisata salak) terus ada dan tidak tergusur atau berubah fungsi menjadi pendirian perumahan/hunian, atau lahan bisnis, hotel dan lainnya. Dan perlunya law enforcement dari pemerintah terlebih dinas perizinan.  

Melihat kondisi sekarang, pengajuan izin pembangunan hotel naik drastis, di Kota Jogja melonjak hingga 25% hotel berbintang, terlebih menjelang berlakukanya moratorium pembangunan hotel yang berlaku hingga 1 Januari 2014. Tercatat sampai akhir desember 2013, ada 100 pengajuan proposal pendirian hotel baru. 

Saya percaya nantinya pihak terkait khususnya bidang pelayanan Dinas Perizinan hanya akan memberikan izin pendirian kepada investor yang benar-benar memenuhi persyaratan sesuai Peraturan Daerah No.2/2012 tentang Bangunan Gedung. Dan memastikan bahwa mereka yang diterima telah lolos dalam uji Analisa Mengenai Dampak Lingkungan lalu lintas dan Amdal Lingkungan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 32/2011.

2. Semangat! Petani salak terus sejahtera, sehingga kebun salak pondoh tetap dilestarikan untuk kesejahteraan anak cucu kita karena salak pondoh menjadi identitas ikon Sleman (DIY) (ini ajakan untuk saya sendiri dan Anda agar terus ada bagaimanapun caranya termasuk melalui inovasi teknologi pertanian. 

 
generasi orang tua

generasi masa depan


Filosofi buah salak menurut penulis.
Kulitnya yang mirip sisik ular sehingga banyak orang yang menyebut buah ini snake fruit.  Layaknya ular sendiri sering tidak disukai atau dibenci namun ternyata memiliki nilai yang tinggi, sama seperti halnya salak pondoh diharapkan orang tidak melihat buah ini sekedar kulit luarnya saja dan tidak menarik, padahal memiliki nilai jual tinggi serta nilai historis/filosofi sendiri bahkan sekarang menjadi salah satu symbol pariwisata (ikon Jogja). 

Dilain sisi, salak pondoh memiliki nilai komoditas berorientasi ekonomi, karena buah salak hingga seluruh bagiannya bisa diolah dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebagai contoh buahnya, bisa dikonsumsi langsung ataupun melalui inovasi pengolahan salak pondoh menjadi produk tertentu bernilai ekonomis seperti manisan, asinan, keripik, sale, jenang, dodol, dll. Helai daunnya bisa menjadi bahan anyaman kerajinan. Batang durinya bisa menjadi pagar untuk perlindungan. Kulit salak pondoh sendiri bisa menjadi bahan kerajinan kreatif.

Jika nampak dari luar buah ini nampak tidak menarik sedangkan jika dibuka kulitnya isi (daging buahnya) yang putih  berasa manis senantiasa memberikan kejutan, mencerminkan bahwa manusia itu sebaiknya bersikap don’t judge a book its cover akan tetapi didalam hatinya (inner beauty), sedangkan biji yang keras dan besar, berarti sebagai seorang pribadi (insan) harus memiliki ketetapan hati, keteguhan jiwa. Dan sebagai manusia kita harus dapat bermanfaat bagi sesama.
 
Sedangkan tumbuhan salak pondoh yang berbentuk perdu ini memiliki batang yang berduri, diharapkan sebagai salah satu sifat manusia yaitu harus waspada dan mawas diri. Sedangkan sifatnya yang tumbuh melata, beranak banyak memberikan symbol bahwa tumbuhan ini adalah tumbuhan bagi rakyat, sehingga mampu menopang hajat hidup orang banyak. Diharapkan, ibarat sebagai sebuah keluarga menjadi sosok pemimpin yang dapat mengayomi seluruh anggota, dan tujuan pembentukan keluarga sendiri untuk memiliki penerus (muncul sosok generasi masa depan cemerlang dalam jumlah yang besar). Tumbuhan salak menjadi rumpun yang rapat dan kuat diharapkan menjadi bagian dari warga atau masyarakat Sleman sendiri memiliki integritas tinggi rasa persatuan dan kesatuan. 

Ibarat buah salak, kita tidak boleh menilai orang hanya sekedar kulit luarnya saja, coba kita tilik bagaimana sesungguhnya isi (fikiran/ kecerdasan, hati, perilaku, adab dari seseorang). Sama halnya kita sendiri jangan terpatok pada penampilan fisik semata, karena sesungguhnya manusia terbaik didunia ini adalahnya yang paling bertakwa di hadapan Tuhannya dan memberikan kebahagiaan bagi sesama dan kebaikan bagi alam semesta.

  • Share:

You Might Also Like

5 Comments