Workshop Indonesia-Germany Health Care Conference on Cardiovascular and Cancer Care Yogyakarta-Indonesia

By poetry - 23.10


Dalam rangka melanjutkan kerjasama antara UMY dengan Universitätsklinikum Münster (UKM) atau University Hospital of Munster Jerman dalam bidang penanganan cardiovascular, kedua universitas ini kembali menyepakati untuk menggelar  workshop penanganan dan pelayanan bagi penderita penyakit kanker dan jantung. Workshop bertajuk “Indonesia-Germany Health Care Conference on Cardiovascular and Cancer Care Yogyakarta-Indonesia”, ini diselenggarakan pada Sabtu-Minggu (3-4/5) di Asri Medical Center Yogyakarta.

Coor. Director of the Comprehensive Cancer Center Muenster-Jerman- Prof. Dr. Jörg Haier, LL.M saat menjadi narasumber dalam jumpa pers (Jum’at, 2/5) di ruang Convention Hall Asri Medical Center mengatakan, workshop ini bukan hanya untuk menjelaskan bagaimana penanganan yang harus dilakukan bagi penderita penyakit jantung dan kanker. Namun, publik atau masyarakat luas juga dididik atau diajarkan untuk bisa melakukan pencegahan (preventif) sebelum datangnya dua penyakit tersebut.

Nantinya dalam workshop yang berlangsung esok hari, Haier dan beberapa ahli dari Jerman akan melatih para dokter dan tenaga kesehatan lainnya di Yogyakarta, agar bisa melakukan pelayanan yang baik bagi penderita penyakit jantung dan kanker. Pelatihan tersebut meliputi Leader Healthcare dan Manajemen Healthare. Dua tahapan training juga dimulai yaitu dari pendeteksian secara dini  dilanjutkan penanganan kankernya. Untuk deteksi dini ini, para pakar dari Jerman akan memberikan pelatihan pada dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya di Yogyakarta bagaimana cara mengobservasi pasien.

Sementara itu, Ketua DIGM – Indonesia Jerman - Prof. Dr. med.Rasjid Soeparwata, Sp.B, Sp.B (K)V, Sp.BTKV (K) mengatakan, tujuan utama diselenggarakannya acara tersebut untuk menaikkan kualitas performa dokter dan tenaga pelayanan kesehatan, khususnya dalam penanganan pasien kanker dan jantung. Selain itu diharapkan juga dengan kerjasama kesehatan antara dokter, tenaga pelayanan kesehatan dengan masyarakat umum ini dapat segera diimplementasikan. Karena program ini lebih mengarah pada cara pencegahan, bukan saja pengobatan. Seperti yang kita ketahui pencegahan terhadap penyakit  lebih utama dibanding mengobati. 

Soeparwata juga mengatakan bahwa workshop tersebut bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang merata kepada semua masyarakat. Artinya masyarakat nantinya bukan sekedar hanya tahu bagaimana cara mencegah. 

Usai kerjasama workshop ini, UMY beserta RS Pendidikan PKU Muhammadiyah Gamping II bekerjasama dengan UKM Jerman berencana mendirikan satu buah unit pusat pelayanan bagi penderita kanker dan jantung. Pusat pelayanan ini rencananya akan mulai beroperasi pada tahun 2016 dan akan ditempatkan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Diharapkan pusat pelayanan yang nantinya akan didirikan dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya untuk pelayanan kanker dan jantung.

(Initiation of this workshop is a continuation of cooperation between Universitas Muhammadiyah Yogyakarta and Teaching Hospital of PKU Muhammadiyah II Gamping, Yogyakarta with Universitätsklinikum Münster (UKM) Germany and DIGM where in wanted to establish cardiovascular and cancer centers in Muhammadiyah to carry out treatment programs cancer as a holistic and comprehensive. The expanded programme wil create an environment for informal discussion among medical doctors from different backgrounds especially in health care centre and education centre in Muhammadiyah, external relations and invited experts from Germany. All of whom will be able to exchange experiences and form new ideas. The hallways and corridors will bubble with exuberance and innovation. 

The purpose of this workshop is to train medical doctors in holistic management cardiovascular and cancer care including pain management related fields. We provide workshops framework which will consist of skill trainings, to equip the participants whit the skills they need for the workshops and in their general work.
This event became feels special, because it becomes part of the opening sequence MPKU National Meeting which will be held in Asri Medical Centre Yogyakarta.. MPKU are assemblies that contain all hospitals, health care institutions and teaching hospitals belong to Muhammadiyah in Indonesia. This assembly is under Muhammadiyah Healthcare sector. 

In collaboration with the University Hospital Munster Germany, the scientific meetings and workshops take topics related to service management, early detection and management of a comprehensive, multidisciplinary, and student involvement in the early detection. Based on these objectives, the presentation of the material in each session is shown from two sides of the experience, the experience of Germany and Indonesia experiences. )

Presentators in this conference are:
1.       Prof. Dr. Syafiq Mughni,MA (Chairman of Muhammadiyah Organization)
2.       Dr. H. Ahmad Faesol Sp. Rad (Chairman of Muhammadiyah Health care Center Yogyakarta Branch)
3.       Prof. Dr. med Rasjid Soeparwata,Sp.B,Sp.B (k)V,Sp.BTKV (k) (Chairman of DIGM-Indonesia Germany)
4.       dr. Supriyatiningsih,M.Kes,Sp.OG (Chairman of Taskforce)
5.       Prof. Dr. Jörg Haier, LL.M. ( Coor. Director of the Comprehensive Cancer Center Muenster-Germany)
6.       Holger Micheel-Sprenger (Management Director Healthcare & CFO ICME Group Shareholding Partner)

  • Share:

You Might Also Like

4 Comments