HUT Kabupaten Sleman ke 98, Terwujud Visi, Misi dan Goal Pembangunan, serta Filosofi Sleman Sembada

By poetry - 13.50


Hari ini adalah hari Ulang Tahun Kabupaten Sleman ke 98 yang jatuh pada hari Kamis, 15 Mei 2014. Hari ini menjadi sebuah momentum untuk terus meningkatkan performa kerja sekaligus evaluasi, sudah sejauhmana berbagai kebijakan yang dihasilkan mampu mengakomodir semua kebutuhan masyarakat. Dan sudah tercapaikah goal atau tujuan pemerintah untuk meningkatkan perekonomian daerah, khususnya perekonomian masyarakat, terlebih lagi kita akan                                            memasuki masyarakat ekonomi ASEAN (AEC) 2015. 

Sudah siapkah kita? 
Kalau saat ini pembangunan yang dapat kita rasakan secara kongkret  atau signifikan terlihat dalam pembangunan fisik dan non fisik, namun lebih dari itu pembangunan yang mendasar sesungguhnya adalah pembangunan warga masyarakat tidak sekedar menjadi masyarakat yang memiliki karakter kuat, beriman dan bertakwa, namun pribadi-pribadi yang tangguh, tahan banting, inovatif/kreatif terlebih dapat mengikuti dan menjawab perkembangan zaman.

Di usia ke 98 ini, mari sebelumnya kita pahami terlebih dahulu filosofi pembangunan Kabupaten Sleman “Gemah ripah loh jinawi tata titi tentrem karta raharja”, dimana Gemah ripah sendiri berarti (tercukupi kebutuhan lahir dan batin), Loh jinawi : (dengan lahan yang sangat subur sehingga semua tanaman tumbuh subur diatasnya), Tata tentrem (masyarakat yang taat aturan, disiplin, demokratis, aman, tentram, damai dan bijak dalam bertindak), Karta raharja (tercapainya tingkat kemakmuran/kesejahteraan di masyarakat berpedoman pada keselamatan lahir dan batin.

Dari filosofi dasar tersebut Kabupaten Sleman menjadi kabupaten yang makmur, sejahtera, damai, aman dan teratur sehingga terwujudnya masyarakat Sleman yang sejahtera lahir batin, berdaya saing, dan berkeadilan gender pada tahun 2015.  

Sedangkan untuk memberikan semangat bagi pemerintah dan masyarakat Sleman, slogan “SLEMAN SEMBADA”, Sejahtera, Lestari, dan Mandiri menjadi trigger bagi kita semua.  Seperti yang tercantum dalam bappeda slemankab secara harfiah SEMBADA dapat dipahami sebagai suatu sikap dan perilaku berwatak kesatria, bertanggungjawab, taat azas, setia menepati janji, pantang menyerah, tabu berkeluh kesah, bulat tekad, kukuh mempertahankan kebenaran menghindari dari perbuatan tercela, mampu menangkal dan mengatasi segala masalah, tantangan dan ancaman yang datang dari luar maupun dari dalam dirinya sendiri, rela berkorban, dan mengabdi bagi kepentingan dan kesejahteraan bersama.

Sebagai slogan untuk upaya pembangunan, kata SEMBADA juga dapat diuraikan sebagai berikut: 
S : Sehat; sehat jasmani, rohani, sosial, dan lingkungan. 
E : Elok dan Edi ; indah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, indah manusia merawatnya. 
M : Makmur dan Merata; baik lahir dan batin merata di seluruh wilayah, seluruh lapisan dan golongan masyarakat. 
B : Bersih dan Berbudaya; dengan nilai-nilai Pancasila. 
A : Aman dan Adil; bebas dari rasa takut, khawatir,  terjamin rasa keadilan dalam tata 
kehidupan. 
D : Damai dan Dinamis; rukun
A : Agamis
(yang selalu kita nyanyikn sebagai Mars Sleman Sembada)

Hari Jadi Kabupaten Sleman bukan merupakan milik Pemkab Sleman tetapi merupakan milik masyarakat Kabupaten Sleman. Seperti yang disampaikan Kabag Umum Sekretarian Daerah Kabupaten Sleman Sumardiono bahwa tahun 2014 ini mengusung tema “Dengan Hari Jadi ke-98 Kabupaten Sleman kita kedepankan nilai-nilai budaya dalam mewujudkan masyarakat Sleman yang demokratis”.                

Dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke -98 ini diselenggarakan berbagai acara, antara lain Pameran Potensi Daerah dan Gelar Budaya pada tanggal 25 April-4 Mei 2014 di Lapangan Denggung dan Lingkungan Gedung Serbaguna, Lomba Kesemarakan Desa tanggal 2-13 Mei 2014, Lomba Memasak Nasi Goreng (Lurah se Kabupaten Sleman) tanggal 13 Mei 2014 di Gedung Serbaguna, Lomba Olahan Pangan Basah dan Kering bahan dasar ubi ungu (tingkat desa tanggal4 Mei 2014, tingkat kecamatan tanggal 4 Mei 2014, tingkat Kabupaten tanggal 12 Mei 2014 di Rumah Dinas Bupati Sleman), Lomba Putri Kartini tanggal 22 April 2014, Lomba Jemparingan Gaya Mataram tanggal 11 Mei 2014 di Lapangan Denggung,  Gelar Senam Massal tanggal 18 Mei 2014 di Lapangan Denggung/lapangan Pemkab, Gate Ball tanggal 11 Mei 2014 di Stadion Tridadi, Green and Clean (untuk Dusun se Kabupaten Sleman) tanggal 21 April-2 Mei 2014, dan Lomba Kearsipan SKPD. Selain itu ada event Sepakbola (legislatif, eksekutif, camat dan Kepala Desa), PORDES/PORKEC/PORKAB dan Open Golf Tournament yang belum ditentukan tanggal pelaksanaannya.

Disamping acara Lomba-lomba tersebut, Pemkab Sleman juga menyelenggarakan Temu Purna Bhakti Praja untuk para mantan pejabat di Pemkab Sleman pada tanggal 8 Mei 2014 dan Malam Tirakatan tanggal 14 Mei 2014 di Pendopo Parasamya.  Dalam rangka Hari Jadi ke -98 ini Pemkab Sleman juga melaksanakan Rehab Rumah bagi warga miskin di 6 lokasi dan pemberian bantuan kepada pati asuhan. 6 lokasi bedah rumah tersebut yaitu rumah milik Nurhadi Santosa (Mejing Kidul, Ambarketawang, Gamping), Surono (Pangukan), Kresno Bowo ( Ngajeg, Tirtomartani, Kalasan), Sutilah (Ngajeg, Tirtamartani, Kalasan), Suparman (Kamal Kulon Margomulyo, Seyegan) dan Ny Subardi (Ngangkrik, Triharjo, Sleman).  Dana untuk bedah rumah tersebut, untuk masing-masing lokasi 12 juta rupiah, 10 juta rupiah dari BAZDA dan 2 juta rupiah dari DPA. Di samping dana tersebut Pemkab Sleman juga mengajak masyarakat sekitar untuk membantu atau bergotong royong membangung rumah warga yang dibedah.

Kegiatan-kegiatan lain dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi ke-98 adalah Tirakatan dan Doa Syukur pada tanggal 9 Mei 2014, Ziarah ke Makam mantan Bupati tanggal 6 Mei 2014, Silaturahmi ke mantan Bupati/Wakil Bupati tanggal 7 Mei 2014, Kirab Mapak Wahyu Treno Tumurun, Kirab Bedhol Projo, Kirab Lapangan Pemda, Pengambilan dan Pengembalian Tombak, dan puncak acara yaitu Upacara Hari Jadi pada tanggal 15 Mei 2014 pukul 16.00 WIB di Lapangan Denggung. 

Namun karena peringatan jatuh pada tanggal 15 Mei 2014 bertepatan dengan hari raya Waisak bagi umat Budha, sehingga seluruh rangkaian acara peringatan diajukan, untuk malam tirakatannya dilakukan tanggal 13 Mei lalu dengan acara puncak tanggal 14 Mei 2014. 

"Selamat Ulang Tahun Kabupaten Sleman, semoga terwujud cita-cita luhur, 
“Gemah ripah loh jinawi tata titi tentrem karta raharja”
“SLEMAN SEMBADA”, Sejahtera, Lestari, dan Mandiri"
"Masyarakat Sleman yang sejahtera lahir batin, berdaya saing, dan berkeadilan   
 gender pada tahun 2015."
"Selalu ciptakan iklim berprestasi"
"Sukses Menyongsong AEC 2015"
"Good Corporate Government"

  • Share:

You Might Also Like

2 Comments