Seminar Penulisan Karya Tulis Ilmiah Universitas Proklamasi

By poetry - 19.37



Pada hari Sabtu, tanggal 25 November 2017, saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Pelatiihan Kiat Sukses Dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Curiculum Vitae (CV). Acara ini bertujuan untuk membekali mahasiswa atau lulusannya agar siap terjun didunia kerja, termasuk mendapatkan tips bagaimana memasuki dunia kerja dengan cara membuat daftar riwayat hidup (curriculum vitae) atau portofolio yang menarik.

Seminar Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan CV ini diselenggarakan oleh Ikatan Ahli Teknik Minyak Indonesia Seksi Mahasiswa atau biasa disebut ATMI-SM. Seminar bertema “Basic Research and Community Development on Petroleum Engineering” ini menghadirkan 3 pembicara special diantaranya Bapak Nurhadi, MPA yang merupakan Dosen Fisipol Universitas Proklamasi 45 , berikutnya  narasumber yang kedua Mas Nova Suparmanto  seorang Technopreneur, Consultant, Trainer sudah malang melintang baik ditingkat nasional maupun internasional. Selanjutnya  Bapak Wirawan Widya Mandala, S.T., M.T; Dosen Teknik Perminyakan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta.


Dalam kesempatan tersebut, Rektor Universitas Proklamasi 45, Ir. Bambang Irjanto, MBA sangat mengapresiasi  dan berharap melalui seminar atau pelatihan ini mahasiswa akan memperoleh wawasan lengkap dunia perminyakan dan seluk beluknya, serta mendapatkan pembekalan ketrampilan pengetahuan untuk menembus dunia kerja di perusahaan minyak, sekaligus mendapatkan motivasi positif untuk terus berprestasi.

Peserta nampak tidak sabar untuk mendapatklan materi dalam seminar ini, Bapak Wirawan Mandala sebagai pemateri pertama memberikan materi seputar dunia migas yaitu Pengenalan Enhanced Oil Recovery (EOR). Pemateri kedua adalah Mas Nova Suparmanto. Mas Nova lebih banyak memberikan motivasi dan ilmu mengenai Kiat Sukses, sukses sebelum memasuki jenjang kuliah, atau saat perkuliahan. Dan mendorong seluruh mahasiswa-mahasiswi Teknik Perminyakan tidak bosan dan aktif untuk berprestasi diantaranya rutin mengikuti lomba karya ilmia dan Smart Competition.  Tidak sebatas lomba saja tetapi terus mengembangkan riset yang sudah dilakukan, sedangkan bagi mahasiswa atau mahasiswi yang sekarang ini belum melakukan kegiatan karya ilmiah, belum ada kata terlambat, silahkan untuk berlomba-lomba meraih prestasi, lakukan sebelum lulus kuliah. Torehkan prestasi untuk mengharumkan nama Universitas Proklamasi 45 (UP45) di mata dunia.

Salah satu pengurus IATMI-SM UP45 Abdullah, yang juga peraih juara tiga Smart Competiton menyampaikan bahwa melalui seminar ini pesereta bukan hanya mendapat pengalaman berharga saja, baik dari para dosen,atau para narasumber, tetapi juga banyak hikmah yang kita ambil untuk menjadi motivasi untuk diri kita sendiri agar lebih maju lagi. Dalam sesi terakhir adalah semua narasumber berbagi kiat  membuat Curiculum Vitae yang menarik,

Mahasiswa Teknik Perminyakan Angkatan 2017 Arga Mahoklori bilang, seminar ini sangat bermanfaat sekali mengajarkan penulisan karya tulis ilmiah apalagi bagi mahasiswa baru, akan banyak perlombaan karya ilmiahyang sudah menanti. 

Narasumber ke tiga Bapak Nurhadi menyampaikan perlunya kita sebagai mahasiswa untuk peduli dengan lingkungan masyarakat khususnya di pedesaan lantaran berkembangnya sebuah negara juga diawali perkembangan di wilayah pedesaan, bagaimana cara membangunnya bagaimana cara membangun desa, perlu adanya rasa handarbeni, memiliki, menyadari bahwa segala sesuatu itu berasal dari desa, termasuk penghasil sumber pangan dan lainnya, oleh karena itu keberhasilan pembangunan desa tergantung kepada kita calon-calon pemimpin bangsa ini. Agar tidak ada gap antara kehidupan desa dan kehidupan kota termasuk perkembangannya. Sehingga kesejahteraan bisa merata, terlebih pemerintah sendiri sangat peduli perkembangan desa buktinya dikucurkannya dana desa.


  • Share:

You Might Also Like

2 Comments