Republika

By poetry - 21.36

Ketika membaca situs Republika tergelitik untuk ikut nimbrung memberikan ide buat tagline website Republika yang baru, sudah coba berulang kali masuk dengan login mahaka id enggak juga bisa, tapi... jadi punya ide menulis tentang Republika ini.

Tagline website Republika “Istiqomah Membangun Peradaban Islam”
Definisi istiqomah berarti, Teguh hati, taat asas, konsisten. Istiqomah dengan lisan, hati dan jiwa.
Peradaban berarti, kemajuan dan kecerdasan budaya secara lahir maupun batin. Dalam konteks sebuah keluarga, komunitas, lingkungan, hingga sebuah negara dan kehidupan dunia.
Peradaban atau civilization sendiri tujuannya agar negara Indonesia, masyarakat dunia, maju dan terorganisir dalam kemajuan social kemanusiaannya atau hubungan antar masyarakatnya, dalam konteks Islam rahmatan lil alamin, hubungan harmonis antar sesama masyarakat, dalam kedamaian/ kenyamanan dalam komunitas yang berbeda partai, ras, hingga ajaran agama (lakum dinukum waliyadin)
Islam/ aslama – yuslimu – islaaman, yang artinya selamat, penyempurna dari agama-agama lain serta rahmat bagi alam semesta dan seisinya.

Membangun masyarakat itu tidak lepas beberapa hal, peran seorang pemimpin (leadership dan visioner), peran individu (menjadi pemimpin atau leader bagi dirinya sendiri), peran keluarga, dan masyarakat. Seperti yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, pemimpin yang tabliq, amanah, fathonah dan sidiq tidak hanya berorientasi pada kenikmatan dunia sesaat. Seperti itu juga Republika sebagai agent of change (agent perubahan) berfungsi mengawal masyarakat Indonesia pada khususnya dan menjadi tauladan masyarakat dunia pada umumnya. Sehingga tagline ini menjadi motivasi kedalam dan keluar, yang terimplementasi pada hubungan Republika dengan pembaca/ searcher, klien, karyawan, perusahaan, owner, sehingga membentuk budaya perusahaan good corporate culture sebuah entities(GCC).
Tagline di atas menurut penulis sudah mewakili strategi corporate yang digunakan perusahaan, bahwa focus bisnis pada edukasi, target menengah keatas (educated/intelek), segmented.

Berbicara soal Republika sendiri tidak lepas dari sosok Erick Thohir, dikenal sebagai Presiden Asosiasi Basket Asia Tenggara (SEABA), Ketua umum PB Perbasi, Ketua umum Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), menggeluti hobby basket kemudian mendirikan klub basket Satria Muda (SM) tahun 1998 dan Mahaputri, berhasil merajai kejuaraan Kobatama 1999 dan Kobanita. Dua klub basket tersebut didirikan dibawah Yayasan membawa misi sosial tapi juga membawa brand image perusahaan yang dipunyai sang pemilik, dimana sumber dana diambil dari penyisihan keuntungan Grup Mahaka. Membaca dari profil pria ini kita mampu mendeskripsikan bagaimana sosok Erick yang memiliki passion terhadap hobby, kejuaraan, manajemen, brand image, visioner, menangkap peluang atau lahan bisnis, satu lagi terinspirasi dari para pendahulunya yang sukses memegang bisnis media.

Ada beberapa hal yang penulis garis bawahi motto Erick muda yang tidak hanya concern pada kuliah tapi aktif dalam organisasi sosial/ olahraga, sedangkan untuk bisnis mengikuti filosofi dari sang ayah (family business) yaitu dalam operational management lebih percaya pada professional, tidak melibatkan saudara (unsure family), berorientasi pada menjual pemain bukan pengurus, terakhir menghentikan segala keluhan (stop complaining).

Sekedar informasi, Erick Thohir- Presiden Direktur PT. Abdi Bangsa Tbk (ABBA) membawahi holding company dari 7 anak perusahaan media, diantaranya Harian Republika, Radio One, majalah Golf Digest, Jak TV, videotron, production house dan penerbitan.

Republika dianggap potensial dari hulu hilir, sehingga memberikan ide untuk membuat percetakan sendiri, usaha penerbitan, selain merupakan strategi backward integration. Cita-cita Erick menjadi top five pemain media di Indonesia dan tentunya membawa saham perusahaan menjadi go public.

Selain Republika, Erick tidak lepas dari Mahaka Grup, berdiri tahun 1992, dari arti kata “langkah pertama yang baik”. Dibidani oleh Muhammad Lutfi, Erick Thohir, Whisnu Wardana, dan Harry Zulnard. Mahaka didirikan untuk berkiprah di sektor industry, perkebunan, pertambangan kapur, multimedia, yang selanjutnya melakukan langkah ekspansif di bisnis media.

Tahun 1999 baru membangun radio one Jakarta, suara Indonesia. Tahun 2000 take over Harian Republika. Kiprah Erick tidak lepas dari pengalaman bekerjanya serta ilmunya sebagai lulusan Advertising & Marketing National University California USA.

Ketika melakukan ekspansi, dilihat sebelumnya apakah bisnis keluarga sudah masuk agar tidak menimbulkan persaingan/ conflict atau kanibalisme. Berikutnya harus ada share holder agreement, strategi segmented, bukan hanya news oriented tapi edukatif. Sebagai contoh Republika sendiri - komunitas muslim, Radio One –radionya laki-laki, Golf Digest-penggemar golf, At-fashion.

Nampak di Republika,; langkah efisiensi, memperbaiki content, tampilan, menggenjot pendapatan iklan, merestrukturisasi utang, peningkatan efisiensi terlebih naiknya biaya operasional, biaya cetak, dan pengurangan pegawai (PHK).

Dari semua hal yang dilakukan menurut penulis wujud CSR (corporate social responsibility) yang dipilih perusahaan adalah melalui pembiayaan potensi-potensi olahraga serta mendirikan stadion bola basket sebagai homebase Satria Muda dan Mahaputri.

Banyak langkah strategis Erick Thohir diambil dalam menjalankan bisnis diantaranya take over, kolaborasi, akuisisi, merger, ekspansi, akuisisi internal, integrasi backward, dan divest. Jika menilik dari perjalanan bisnis dari Eric, seluruh pemilihan perusahaan didasarkan pada pertimbangan financial dan keunikan usaha, serta tetap didasarkan pada segmented, edukatif, kelas A B.


  • Share:

You Might Also Like

3 Comments

  1. Don't contribution newborns, and spontaneously heals as a kid's immune Arrangement develops.
    To care for Impetigo, At that place wounds would sure lower the endangerment
    of such skin infections. It might not be a bad melodic theme for the septic as the bacteria goes inside them and
    develops into a total-blown impetigo pelt infection.


    my web-site - strep skin infection symptoms

    BalasHapus