PT Fonterra Brands Indonesia dan PKK Kota Yogyakarta menggelar Final Lomba Kelurahan Peduli Pencegahan Osteoporosis

By poetry - 21.37


PT. Fonterra Brands Indonesia, melalui produk ANLENE™, hari ini (13/9) menggelar kegiatan Final Lomba Kelurahan Peduli Pencegahan Osteoporosis di Kantor TP PKK Kota Yogyakarta. Lomba ini diikuti oleh kader PKK dari  20 kelurahan se-Kota Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan implementasi dan dukungan terhadap komitmen  dalam Upaya Menuju Kota Yogyakarta  Bebas Osteoporosis yang telah dicanangkan langsung oleh Gubernur DIY yang diwakili Asisten Pemerintahan & Kesejahteraan Rakyat, Drs. Sulistiyo MSi pada Puncak Peringatan Hari Osteoporosis Nasional tahun 2013 lalu di Halaman Balai kota. Melalui kegiatan lomba yang telah digelar selama 5 bulan ini, lebih dari 3.000 warga Yogyakarta telah teredukasi mengenai osteoporosis dan cara pencegahan osteoporosis sejak dini. Pada kegiatan final lomba kali ini akan dipilih tiga kelurahan yang  meraih gelar “Kelurahan Terbaik” dalam Lomba Peduli Pencegahan Osteoporosis mewakili kota Yogyakarta. 


Sebagai proyek percontohan dalam kegiatan Lomba Kelurahan Peduli Pencegahan Osteoporosis, 20 kelurahan dipilih dari total 45 kelurahan yang ada di Kota Yogyakarta.  Edukasi Osteoporosis yang digetok tularkan  dari para Kader  PKK kepada warga Kota Yogyakarta terbukti berhasil memberikan dampak yang positif. Berdasarkan hasil evaluasi proses monitoring kader PKK terhadap sejumlahwarga Yogyakarta di kelurahan yang terlibat dalam kegiatan ini, dapat disimpulkan bahwa telah terjadi perubahan perilaku dan kebiasaan positif dalam upaya pencegahan osteoporosis. Beberapa hasil perubahan positif yang dimaksud antara lain :

Sebanyak 8  dari 10 warga:
o Mulai mengonsumsi makanan sumber kalsium untuk memenuhi asupan kalsium harian.
o Mulai mengkonsumsi susu 2 – 3 gelas per hari secara terartur untuk mencegah  
   Osteoporosis.
o Melakukan aktivitas berjalan kaki secara rutin untuk tulang yang sehat.
- 50% warga mempelajari gejala-gejala kerapuhan tulang sebagai bentuk kepedulian dini  
  untuk mencegah terjadinya Oseoporosis.
- 60 % warga memanfaatkan sinar matahari  secara rutin di pagi hari dan sore hari untuk penyerapan kalsium secara maksimal.

Andriani Ganeswari, Corporate Communications Manager, PT Fonterra Brands Indonesia mengatakan kepada poetryana “Program Lomba Kelurahan Peduli Pencegahan Osteoporosis ini merupakan bentuk komitmen PT Fonterra Brands Indonesia, melalui ANLENE™, dalam meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai Osteoporosis sejak dini secara langsung bersama Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta. Kami merasa bangga ketika melihat antusiasme masyarakat, terutama kader PKK, yang begitu tinggi dalam menjalani rangkaian program edukasi, tidak hanya kepada sesama kader tetapi  juga kepada masyarakat umum di sekitar lingkungan mereka. Dimulai dari 3.000 warga Yogyakarta, kami berharap kader PKK dapat terus memperluas edukasi ke masyarakat lingkungan sekitarnya terutama keluarganya, untuk mencapai Yogyakarta Bebas Osteoporosis,” jelas Andriani.

Ibu Hj. Tri Kirana Muslidatun S.Psi, Ketua  TP  PKK  Kota Yogyakarta menyambut baik kerja sama dengan PT Fonterra Brands Indonesia sebagai langkah bersama dalam upaya menuju Yogyakarta Bebas Osteoporosis yang melibatkan langsung kader PKK. “Program yang dijalankan bersama  Fonterra ini diharapkan dapat menambah pengetahuan mengenai Osteoporosis Ibu-Ibu PKK di kota Yogyakarta, khususnya di 20 kelurahan terpilih. Sehingga, Ibu-Ibu menjadikan pola hidup sehat di keluarga, khususnya terkait kesehatan tulang sebagai prioritas utama. Sebuah kemajuan positif telah dicapai oleh kader maupun para Ibu PKK di 20 kelurahan kota Yogyakarta, karena kegiatan ini terbukti terdapat perubahan perilaku dan kebiasaan dalam mencegah osteoporosis, seperti mengkonsumsi susu, makanan tinggi kalsium, dan frekuensi olahraga yang meningkat,” imbuh Ibu Hj. Tri Kirana Muslidatun S.Psi. 
Pemilihan 3 kelurahan terbaik dalam melakukan edukasi pencegahan osteoporosis kepada kurang lebih 3000 masyarakat kota Yogyakarta. 

Keluar sebagai juara antara lain:
Juara I: Kelurahan Bausasran
Juara II: Kelurahan Gedong Kiwo, dan 
Juara III : Kelurahan Prawirodirjan
Juara Harapan meliputi:
Harapan I: Kelurahan Pandeyan
Harapan II: Kelurahan Prenggan, dan
Harapan III: Kelurahan Suryodiningratan

Pemilihan kelurahan peduli pencegahan osteoporosis diselenggarakan di tiga kota yakni DKIJakarta, Kota Surabaya dan Kota Yogyakarta.
Selain Yogyakarta, PT Fonterra Brands Indonesia juga menerapkan lomba ini di Jakarta dan Surabaya. Dengan antusiasme yang cukup tinggi, kedua kota ini telah sukses mengedukasi lebih dari 8.000 warga melalui kader PKK di masing-masing kelurahan.

Tentang Lomba Kelurahan Peduli Pencegahan Osteoporosis

Lomba Kelurahan Peduli Pencegahan Osteoporosis dilakukan di 3 kota, yaitu Jakarta, Surabaya dan Yogyakarta mulai dari akhir tahun 2013 hingga pertengahan tahun 2014. Lomba diawali dengan Pelatihan Pencegahan Osteoporosis melibatkan Tim Penggerak PKK tingkat kelurahan hingga propinsi.

Di  Surabaya dan Yogyakarta , sebagai proyek percontohan, dipilihlah 20 kelurahan yang mewakili masing—masing wilayah untuk menjadi peserta lomba. Sebelum perlombaan, kader PKK dari masing-masing kelurahan diberikan pengetahuan tentang pencegahan Osteoporosis. 

Para kader PKK menjalani penyuluhan seputar pencegahan Osteoporosis di kelurahan masing-masing, dengan narasumber yakni dokter dari PT Fonterra Brands Indonesia melalui Anlene. Kader dari 20 kelurahan ini bertindak sebagai panitia dan dinilai bagaimana koordinasi mereka dalam melaksanakan penyuluhan serta antusiasme peserta penyuluhan.
Di tahap selanjutnya, kader yang sebelumnya dilatih, memberikan penyuluhan kepada warga di sekitarnya tentang pencegahan Osteoporosis. Selain itu, masing-masing kader diminta untuk memonitor sejumlah warganya  selama  tiga bulan untuk melihat adanya perubahan perilaku konsumsi makanan dan minuman berkalsium tinggi serta olahraga atau aktivitas. Kategori penilaian di tahap ini meliputi 3 hal yaitu: survei monitoring ke peserta penyuluhan, intensitas dan jumlah kader yang disuluh, serta pelaksanaan senam pencegahan Osteoporosis. Untuk pelatihan senam pencegahan Osteoporosis, para kader PKK dilatih khusus oleh tim pengajar dari Perwatusi yang memastikan agar setiap gerakan dilakukan dengan baik, benar, teratur dan terukur.

Tentang ANLENE™

ANLENE™ adalah merek susu dewasa yang diproduksi oleh Fonterra Brands Indonesia - berkantor pusat di  New Zealand. Sebagai satu-satunya susu berkalsium tinggi yang teruji secara klinis mampu mencegah osteoporosis, ANLENE™ memiliki komitmen untuk menyediakan susu yang bermanfaat bagi kesehatan tulang. ANLENE™ merupakan susu rendah lemak yang tidak menyebabkan kegemukan. ANLENE™ tersedia dalam bentuk bubuk dan cair.ANLENE™ bubuk memiliki 3 varian yaitu ANLENE™ Actifit untuk usia 19-50 tahun, dan ANLENE™ Gold untuk usia 50 tahun ke atas dan ANLENE™ TOTAL yang diperkaya dengan glukosamin untuk kesehatan tulang dan sendi. ANLENE™ memiliki misi untuk membantu pencegahan penyakit Osteoporosis dengan produk susu yang membantu menjaga kesehatan tulang dan sendi serta kampanye edukasi berkesinambungan akan pentingnya kesehatan tulang dan sendi. Sebagai pelayanan terhadap masyarakat dalam lima tahun ini, ANLENE™ telah mengajak lebih dari 5 juta perempuan Indonesia di berbagai kota untuk bergaya hidup sehat dan juga secara cuma-cuma memberikan pemeriksaan kepadatan tulang (bone scan).

Tentang Fonterra Brands Indonesia

Fonterra adalah perusahaan terkemuka dunia di bidang nutrisi susu sekaligus merupakan pemasok bahan baku berbasis susu bagi banyak perusahaan terdepan dunia yang bergerak di industri makanan. Fonterra juga memimpin pasar untuk merek konsumer susu produksi kami di Australia / Selandia Baru, Asia / Afrika, Timur Tengah dan Amerika Latin.

Sebagai perusahaan berbasis koperasi yang dimiliki para peternak di Selandia Baru, Fonterra merupakan produsen susu terbesar di dunia yang memproduksi lebih dari dua juta ton bahan baku berbasis susu, bahan baku susu bernilai tambah, bahan baku khusus dan produk konsumen setiap tahun. Dengan keahlian dan pengalaman yang sudah turun menurun dalam produksi susu, Fonterra merupakan salah satu investor terbesar dunia dibidang penelitian dan inovasiberbasis susu. Lebih dari 16.000 staf kami bekerja secara menyeluruh di industri susu. Mulai dari memberikan konsultasi mengenai sistem pertanian yang berkesinambungan dan produksi susu, hingga memastikan kami memenuhi standar kualitas serta memenuhi kebutuhan pelanggan setiap hari sebagai janji kami kepada pelanggan di lebih dari 100 pasar di seluruh dunia.

  • Share:

You Might Also Like

7 Comments