Acer Empowering People

By poetry - 01.50


Acer “Empowering People”. Acer didirikan pada tahun 1976, secara konsisten telah berusaha mewujudkan misinya dalam menghilangkan batasan antara para konsumen dan teknologi. Berfokus pada pemasaran merek dagang produk TI miliknya di seluruh dunia. Sebagai vendor ke-3 di dunia untuk PC dan No.2 untuk notebook Acer (produk asal Taiwan ini) mempunyai sejarah yang cukup panjang di Indonesia dan telah berhasil membawa publik awam maupun peminat teknologi kepada pemahaman teknologi terbaru. Hal ini diwujudkan melalui misinya menghilangkan batasan antara konsumen dan teknologi, dengan selalu menghadirkan beberapa produk yang diawali penelitian dan disesuaikan dengan keinginan pada konsumen.

Keberhasilan Acer sebagai peringkat pertama kategori notebook atau laptop dalam ICSA (Indonesia Customer Satisfaction Award) 2008 yang diselenggarakan oleh majalah SWA dan Frontier menjadi bukti bahwa Acer selalu mengutamakan kepuasan pada konsumennya. Acer berharap akan terus mempertahankan posisi ini di kemudian hari dan terus mengutamakan keunggulan teknologi di setiap produknya yang disesuaikan dengan keinginan konsumen.

Kedua perusahaan notebook tadi memiliki prioritas yang berbeda, Toshiba sebagai leading innovation lebih menekankan pada inovasi teknologi masa depan dan produk. Sedangkan Acer “Empowering People” lebih menekankan pada layanan purna jual (after sales service) karena belum bisa mengungguli kecanggihan Toshiba. Oleh karena itu, Acer mencoba untuk bermain dengan target yang berbeda.

Sebagai wujud Acer concern terhadap pelanggannya, perusahaan ini membuka Customer Service Center di berbagai daerah. Pada tanggal 4 November 2008 resmi dibuka Acer Customer Service Centre (ASCS) di Yogyakarta dan menjadi yang pertama di Jawa Tengah. Pembukaan ASCS tersebut menjadi momentum Acer dalam meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan menjadi nomor satu dalam layanan pelanggan di Indonesia. Acer meamhami bahwa layanan purna jual menjadi salah satu kunci loyalitas pelanggan dan Jawa Tengah dijadikan prioritas karena wilayah tersebut termasuk tiga besar area yang memberi kontribusi pada pendapatan Acer di Indonesia. Adapun alasan pemilihan Yogyakarta sebagai ACSC pertama di Jawa Tengah karena pengguna teknologi informasi di kota ini sangat dinamis dibandingkan dengan kota lainnya di Jawa Tengah disamping itu Acer juga menandatangani kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi terkemuka di kota Jogja, antara lain UGM, Atmajaya dan Universitas Kristen Duta Wacana. Hal ini dikatakan Jason BT Lim, Presiden Direktur PT.Acer Indonesia saat berbincang dengan penulis. Acer kini telah memiliki empat ACSC yaitu di Jakarta (Ratu Plaza dan Mangga Dua Square), Surabaya dan Medan. Setelah yogyakarta, saat ini Acer tengah memeprsiapkan untuk memperluas jaringannya ke Bandung dan membuka satu ACSC lagi di Surabaya. Selain ACSC, Acer juga melengkapi layanan purna jualnya dengan “Authorized Services Provider “(ASP) yang dikelola oleh para mitra Acer di Indonesia dengan supervise ketat dari tim layanan pelanggan Acer. Saat ini terdapat 27 jaringan service Acer yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menurut Fredy Kurniawan-Direktur Divisi Customer Service PT.Acer Indonesia, “Acer berkomitmen untuk menyediakan layanan yang berkualitas, melalui pengembangan SDM, peningkatan kapasitas customer service center, pengembangan jaringan service, dan memastikan seluruh proses sejalan dengan standar mutu ISO 9001:2000.

Layanan berkualitas yang disediakan ACSC di Yogyakarta adalah pelanggan Acer bisa mendapatkan layanan yang lebih cepat, karena sudah terhubung secara online dengan kantor pusat di Jakarta sehingga proses perbaikan dan penyediaan suku cadang dapat dimonitor real time.

Acer telah mengambi alih posisi hp sebagai merek PC nomor 1 di Indonesia dengan pangsa pasar 16,6%, sementara HP menyusul dengan 14,05, menurut data IDC PC tracker untuk Q4 2007. Selama tahun 2007, Acer mencatat peningkatan penjualan notebook sebesar 118%, jauh di atas rata-rata pasar 30%. Sementara untuk penjualan desktop, Acer membukukan peningkatan pesat sebesar 61%.

Pada kuartal ke 3 tahun 2008, Acer mencapai posisi runner up secara global untuk pasar PC mobile atau hanya selisih 300.000 unit saja dengan penjualan PC mobile merek Hewlett Packard. Pada posisi ini, pertumbuhan Acer Year on Year (Q32007 – Q32008) mencapai 58% sedangkan Hewlett Packard hanya hanya 28,6% saja. Sedangkan pangsa pasar Acer secara global untuk PC mobile adalah 19,6%.


  • Share:

You Might Also Like

4 Comments

  1. Layanan berkualitas yang disediakan ACSC di Yogyakarta adalah pelanggan Acer bisa mendapatkan layanan yang lebih cepat, karena sudah terhubung secara online dengan kantor pusat di Jakarta sehingga proses perbaikan dan penyediaan suku cadang dapat dimonitor real time.
    stitching unit
    tailoring factory

    BalasHapus