Strategi Bisnis PT. Radio Rakosa (Rakosa Female Radio) dalam Menghadapi Struktur Pasar Monopolistic Competition

By poetry - 23.30

Perkembangan radio begitu pesat seiring dengan mengglobalnya ilmu pengetahuan (science) dan teknologi. PT. Radio Rakosa hadir memberikan colour dan positive wind bagi dunia broadcasting di Yogyakarta pada khususnya, Indonesia pada umumnya. Menyadari keberadaannya pada struktur pasar monopolistic competition, yang berarti banyak ditemukan radio siaran menyajikan program siaran yang hampir sama kunci pertama yang harus dilakukan Rakosa adalah menetapkan segment, positioning dan target audience yang jelas.

Di awal kemunculannya Rakosa memilih format siaran bersegmentasi Anak muda plus humour, baru kemudian mengidentifikasikan dirinya sebagai Rakosa Female Radio. Rakosa Female Radio merupakan icon pertama radio bersegmentasi female di Yogyakarta. Untuk mempertahankan existence-nya di dunia broadcasting tentu kerjasama yang prima dari semua lini bagian, ditujukan agar mampu menghasilkan Product yang Unggul, Differential, Inovative, Brand Image dan bernilai Unique Selling Point (USP). Semua itu tidak luput dari dukungan beberapa aspek, baik Perusahaan, Manajemen, atau lebih menukik lagi Aspek Siaran; (Format Acara, Format Musik, Format Iklan, Format Penyiar, Format Teknik), Aspek Marketing atau Promosi Iklan, Aspek Keuangan, Aspek Teknis, dan HRD.

Dalam usia sekarang ini dituntut kematangan dalam segala hal, baik sebagai perusahaan yang dapat dipercaya (bonafide), yang memiliki visi dan misi yang kuat, tempat bernaung, sekaligus memberikan multi benefit kepada semua karyawan, perusahaan dan bertanggung jawab sepenuhnya kepada stockholders.

Oleh karena itu untuk menghadapi tantangan persaingan yang semakin kuat dalam dunia broadcasting radio diperlukan the big of plan (masterplan); disebut dengan 5A terdiri dari Analisa SWOT, Analisa Data Service (contoh; A C.Nielsen), Amati dan Monitoring Competitor, Analisa Integral Pemasaran (The Marketing Mix Strategy) dan Action Plan.

Melalui penelitian yang dilakukan penulis, diperoleh informasi lebih detail mengenai Gambaran Lengkap Perusahaan sekaligus struktur pasarnya, Formulasi Media Radio Siaran, dan Strategi Bisnis Rakosa Female Radio Menghadapi Struktur Pasar Monopolistic Competition terkait dengan produk siaran yang digemari masyarakat (tastes pasar). Dalam paper ini penulis menggunakan Teori Ekonomi; Monopolistic Competition, Teori Komunikasi Massa; untuk menemukan karakteristik dan kekuatan radio, dan Social Learning Theory; untuk mendapatkan elemen penting program yang menarik pendengar. Akhir kata semoga paper ini dapat bermanfaat bagi khasanah ilmu pengetahuan, penulis, perusahaan, lingkungan, dan semua pembaca yang berkenan untuk memberikan saran dan kritik yang membangun untuk penulis.
(this submitted for my assignment's Managerial Accounting Mr. Suharto, PAN August, 31st , 2008)

  • Share:

You Might Also Like

2 Comments