Nirmala Record Yogyakarta Merilis Album

By poetry - 20.34



Nirmana Records adalah label rekaman baru dari Yogyakarta yang khusus merilis album musik dari musisi yang berkarya di Yogyakarta. Label ini digagas oleh Uji Hahan, seorang seniman yang juga aktif di dunia musik independen. Misi utamanya adalah untuk mendokumentasikan karya musik berkualitas dari kota Yogyakarta dalam format piringan hitam dengan kemasan eksklusif yang memiliki nilai visual yang artistik. 

Pada fase perdana, Nirmana Records fokus untuk merilis ulang album rekaman musik populer yang memiliki karakter unik dan berpengaruh. Fase selanjutnya akan menggunakan sistem kuratorial yang menitikberatkan pada paduan karya seni suara dan seni rupa yang memiliki nilai sejarah, sosial dan budaya.

Selain Uji Hahan yang bertindak sebagai produser eksekutif, tim kerja melibatkan 3 orang yang telah aktif di dunia seni dan musik independen di Yogyakarta, yaitu Uma Gumma (DJ, aktif di Soundboutique dan Ace House Collective), Adi Adriandi (manajer band, aktif di Kongsi Jahat Syndicate) dan Wok the Rock (seniman, aktif di Ruang MES 56 dan Yes No Wave Music).

Mengawali fase perdana, Nirmana Records akan menerbitkan ulang album debut dari Frau yang berjudul Starlit Carousel. Frau dan musiknya memiliki karakter yang unik. Seorang antropolog muda yang ditempa oleh musik tradisional sejak dini, Ia menciptakan tembang-tembang syahdu dengan aransemen nakal dan lirik yang puitis penuh kejujuran. Ia juga sangat memperhatikan bagaimana karyanya diakses oleh pendengarnya. Tak hanya untuk diperdengarkan, Ia membebaskan karyanya untuk dimainkan, digubah dan dibagikan dalam bentuk ekspresi apa saja. Untuk itu 2 album yang Ia hasilkan didistribusikan secara bebas melalui unduh-gratis di label berbasis internet, Yes No Wave Music.

Pada rilis-ulang kali ini, album Starlit Carousel diproduksi dalam format piringan hitam dengan kualitas suara terbaik. Namun, di album ini secara spesial menyertakan 2 lagu lama yang belum pernah dipublikasikan. 2 lagu tersebut berjudul Marry Me dan Oskar . Lagu tersebut direkam secara minimalis dengan menggunakan MP3 player. Ilustrasi foto sampul yang digunakan di versi digital di Yes No Wave Music dihadirkan kembali dengan teknik yang berbeda, yaitu lukisan. Merujuk pada konsep ilustrasi tersebut, hal ini untuk memberikan nilai artistik yang berlapis. Karya fotografi yang dianggap realistik digambar ulang dengan teknik lukisan yang hyper-realistic. Desain kemasan album ini berwujud sebuah buku bergaya klasik yang terdiri atas lembar-lembar partitur piano, kord gitar dan piringan hitam.

Starlit Carousel diproduksi terbatas 200 keping dengan hand-numbered edition. 
Pesta peluncuran album digelar pada hari Valentine, 14 Februari 2015 di Ruang MES 56, Jalan mangkuyudan No. 53 A, Yogyakarta.

Spesifikasi Album:

Seniman: Frau
Judul Album: Starlit Carousel
Tanggal Terbit: 14 Februari 2015
Label: Nirmana Records
No. Katalog: NR-001

Daftar Lagu:
Sisi Satu:
1. I’m a Sir
2. Mesin Penenun Hujan
3. Salahku, Sahabatku
4. Rat and Cat

Sisi Dua:
1. Sepasang Kekasih Yang Pertama Bercinta Di Luar Angkasa
2. Glow
3. Oskar
4. Marry Me

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments