Silaturahmi Jamaah Dhuha Masjid Syuhada (Sajada) Menggelar Tabligh Akbar Harry Moekti

By poetry - 20.19


“Dan sebaik-baik manusia adalah yang memberikan manfaat bagi manusia lainnya”

Motto di atas adalah pegangan bagi Komunitas Silaturahmi Jama’ah Dhuha Masjid Syuhada (Sajada) Yogyakarta dalam mengimplementasikan ke Islaman dalam kehidupan nyata saat ini. Organisasi yang berdiri pada awal bulan Desember 2014 ini adalah kumpulan dari Jamaah Masjid Syuhada Kotabaru Yogyakarta terdiri dari para pengusaha, PNS, pegawai swasta dan kalangan professional lainnya. Bermula dari mereka yang dulunya nongkrong di warung-warung sekitar masjid timbullah ide dari beberapa orang untuk mengumpulkan semuanya dalam satu wadah organisasi yang bermuara di Masjid Syuhada.

Masjid Syuhada bukan hanya sekadar masjid, namun juga telah menjadi salah satu ikon budaya di Yogyakarta. Pemahaman bahwa Masjid adalah sentral dari segala aktivitas umat muslim disepakati pula sebagai sentral kegiatan bagi SAJADA. Dan cita-cita besar dari SAJADA adalah mengembalikan kembali ruh itu, bahwa masjid tidak hanya sekadar menjadi ajang ibadah sholat namun harus menjadi magnet atas tumbuh kembangnya masyarakat, baik dari sisi budaya, ekonomi dan social lainnya.

Empat bulan berdiri di bawah pimpinan Bapak Yudi Aulia, SAJADA telah melakukan beberapa aktivitas, baik itu untuk kebutuhan internal anggota maupun aktivitas yang langsung bisa dirasakan masyarakat. 

Kegiatan SAJADA antara lain :
1.      Pengajian Rutin bagi Anggota setiap Sabtu pagi
2.      Pembelajaran Baca Al Quran tingkat dasar dan tingkat lanjut bagi orang tua
3.      Pengajian Akbar (Desember Ust. Makhroji) (Januari KH Abdullah Gymnastiar)
4.      Memberikan Santunan Bagi Anak Asuh Seputaran Kotabaru
5.      Bakti Sosial (Bedah Masjid di Galur Kulon Progo)

Dan pada bulan Maret 2015 ini, SAJADA mengorganisir Tabligh Akbar Bersama Ust Harry Moekti, yang rangkaian kegiatannya akan dimulai dari 13 Maret 2015 dan berakhir pada 15 Maret 2015. Rangkaian kegiatan Tabligh Akbar ini diisi dengan

a.      Bazzar dan Pasar Murah tanggal 13-14 Maret 2015 pukul 08.00-17.30
b.      Lomba Mewarnai TK se Yogyakarta 13 Maret 2015 pukul 08.00 – 12.00
c.      Lomba Mewarnai SD 14 Maret 2015 pukul 09.00-12.00
d.      Panggung Kesenian TK, SD dan SMP Masjid Syuhada 13-14 Maret 2015
e.      Dahar Sareng Ust. Harry Moekti (Bebek tepi Sawah) 14 Maret 2015 Jam 13.00
f.       Tabligh Akbar di Masjid-masjid di Yogyakarta
-         Masjid Nurul Asri Deresan 14 Maret 2015 jam 15.30 – 17.00
-         Masjid Syuhada Kotabaru 14 Maret 2015 jam 19.30 – 22.00
-         Masjid Al Aman Sidoarum 15 Maret 2015 jam 06.00-08.00
-         Masjid Nurul Hidayah Telogowono Berbah 15 Maret 2015 09.00-11.00

Rangkaian Kegiatan di pusatkan di Masjid Syuhada Kotabaru Jogjakarta. Hal tersebut dimaksudkan untuk menunjang tujuan dari Organisasi SAJADA di mana masjid adalah sentral aktivitas. Selain itu pemilihan Ust. Harry Moekti sebagai pengisi Tabligh Akbar dimaksudkan agar kita mampu mengambil hikmah dari perjalanan hidup beliau. Refleksi Hidup Ust Harry Moekti inilah yang kemudian kita jadikan Tema dalam Kegiatan Tabligh Akbar kali ini “HANYA SATU KATA …………………. YA ALLAH”.

Hanya satu kata, mungkin tak sama pada setiap orang.  Apa yang ingin diungkapkan pada Tuhan Allah SWT hanya kita yang tau. Kita masing-masing personal lah yang dapat mengetahui apa yang akan kita ucapkan yang kemudian menjadi persembahan pengabdian kita sebagai hamba Allah. Perjalanan hidup, pengetahuan dan pendidikan menjadi landasan bagi kita dalam menjalani kehidupan ini, dan hal itu pulalah yang akan kita jadikan landasan pada pola pengabdian kita pada Allah. Sekali lagi yang terpenting adalah bagaimana kita menjadi diri yang bermanfaat bagi manusia lainnya.

  • Share:

You Might Also Like

5 Comments