Account Receivable Management

By poetry - 00.57



A Switch in Time Saves Nine.......

Simon duduk di meja kerjanya sambil berfikir keras apa yang dibicarakannya pada perjumpaan lalu bersama bendahara Angela Krampf. Modal kerja (working capital) pada perusahaan itu membuat perusahaan bernama Progressive Farm Equipment Incorporated tersebut, telah menaikkan tingkat tanda bahaya (alarm lebih tinggi dibanding beberapa tahun lalu membuat pimpinan sekaligus top manajer begitu perhatian. Meskipun metode implementasi just in time inventory sistem dan cash management lebih efisien, modal bekerja terus melambung/ bersinar. Saat ini, bagaimanapun terdapat account receivable butuh perhatian. Angela menerima memo dari seseorang (asing) yang memintanya untuk mereview dan memperbaiki problem manajemen kredit (pendanaan) sesegera mungkin. Salah satu dari kalimat dalam memo tersebut menyebutkan…kita tidak bisa meneruskan dengan mudah melayani pelanggan seperti biasanya. karena itu Simon Martinez memanggil asistennya Angela, dan menyampaikan kondisi tersebut sebelumnya kepada Simon.


Progressive Farm Equipment Inc telah berkecimpung didunia bisnis sejak tahun 1945, memproduksi traktor, berukuran kecil, medium, pembajak dan masih banyak peralatan pertanian lainnya. Customer-nya antara lain berasal berbagai toko baik local dan regional, hardware, farm equipment (peralatan pertanian), bengkel (toko repair). Banyak dari kliennya melakukan pembayaran melalui cash ataupun membiasakan melalui kemudahan kredit fleksibel. Perusahaan telah menekan untuk menawarkan kepada para pelanggannya, pada dasarnya untuk mengcounter kompetisi dari supliier nasional dan memelihara hubungan baik customer.

Penjualan ditingkatkan secara bertahap tahun tahun berikutnya akan tetapi tahun yang lalu rate bunga tinggi dan ekonomi melemah menyebabkan terjadi (kemunduran) slump pada sektor agriculture serta membuat penjualan peralatan pertanian turun. Lebih dari itu, sejumlah petani mengalami kebangkrutan ditandai dengan rate alarming.

Angela memeberitahu Simon untuk mereview ulang accounting statement (laporn akuntansi) (lihat table 1 &2) dan mengupgrade schedule receivables, mereka menyadari benar meskipun tawaran kredit net 60 dengan mudah, rata-rata 40% dari penjualan kredit terkumpul paling lambat 10 hari. Perusahaan tidak mengimplementasikan kebijakan membayar bunga keterlambatan karena takut ketakutan kehilangan customer. Mereka mencatat pada tahun-tahun sebelumnya terdapat sejumlah bad debt meningkat dari 1% penjualan menjadi level terkini 2% penjualan.

Angela bercerita kepada Simon bahwa para pemimpin (direktur) berharap melihat proposal yang realistis sekaligus efektif. “Di sisi lain, kami harus berhati-hati tidak membuat pelanggan lari / menjauh. Kata Angela. Disisi yang lain, kami tidak yakin dapat menghasilkan melanjutkan kebijakan uang yang mengijinkan pelanggan membayar terlambat. Beberapa kredit akan diberikan, akan tetapi pengumpulannya diperketat . Saya mengira pada saat itu juga menjadi suatu perbahan atau penderitaan.

Pada enam bulan awal, Angela Krampf merekrut Simon Martinez, dinobatkan sebagai manager keuangan, untuk membantunya mengelola perusahaan modal kerja., ini merupakan manajemen divisi cash dan inventaris membutuhkan modifikasi. Setelah berdebat dan membincang masalah tersebut , kebijakan konservatif dari cash management diimplementasikan diikuti oleh integrasi sukses just in time inventory management system. Pada laporan per tiga bulan ditunjukkan bahwa kebijaksanaan perusahaan mengumpulkan tergamba bebas. Bagaimananpun, gambaran tentang kondisi ekonomi serta issue yang sensitive berkembang, mereka menahan diri dari saran beberapa perubahan.

Simon mempertimbangkan dengan sangat perubahan kebijakan pengumpulan dana perusahaan dan sebaiknya dia merekomendaiskan dan menaydari dia mau tidak mau memperoleh data yang lebih banyak. Dia mengangkat orang orang dibagian marketing dan dan mmenyelediki apa efek dari kebijakan yang mereka miliki dalam pengumpulan hutang yang lebih ketat. Terlebih lagi meminta data lebih spesiifk, dia mengatakan kepada mereka bahwa dia mempertimbangkan dua alternative.
1) 2/10 net 30, dan
2) 2/10 net 60
3) Dia menyatakan kalau alterntif pertama, penjualan mungkin bisa berkurang sekitar 10%.

Bagian sales hrus menajalin hubungan yang baik sekali dengan para pelanggan mereka dan bersikap percaya diri, meskipuin kredit diperketat , mereka dapat menerima (keuntungan di rekening mereka berupa insentif untuk membayar lebih awal. Lebih dari itu, mereka menginformasikan kepada Simon bahwa banyak diantara retailer (pedagang) dapat menyediakan pinjaman komersial dari bank dengan bunga rata-rata 14% per tahun. Sedangkan jika alternative yang kedua dijalankan, account receivable figur bisa diturunkan tanpa kehilangan tingkat penjualan.

Pada kenyataan, bagian penjualan lebih menyukai menggunakan pendekatan kedua. Simon memperkirakan dengan metode yang baru penjualan mendekati 50% bisa dikumpulkan selama kurun waktu 10 hari. Tinggal 50% lagi penjualan, sedangkan secara kasar penghitungan mencapai 60% bisa terkumpul melalui periode kredit dan 40% remain mendekalti 10 hari keterlambatan., sepereti biasanya. Simon menggambarkan bahwa dia sebaiknya lebih mempersiapkan pro forma statements yang menunjukkan dampak dari kebijakan-kebijakan yang dimiliki perusahaan tersebut dari garis level bawah dan keseimbangan account receivable, sebelum mrekomendasikan berbagai penaliti keras segera. (Financial Management, PAN, Yogyakarta)

  • Share:

You Might Also Like

6 Comments

  1. Kesaksian untuk masyarakat umum. Saya Fadilah dari Surabaya, Indonesia dan saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan / mendidik masyarakat umum tentang mendapatkan pinjaman online.
    Satu-satunya perusahaan Anda bisa online pinjaman adalah Dubril Badan Kredit.
    Saya menghubungi Dubril Badan Kredit ketika saya membutuhkan pinjaman mendesak dan saya ditawari pinjaman pada tingkat bunga 2%.
    Hubungi Dubril Badan Kredit via email pada dubrilloanfirm@gmail.com.
    Jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi tentang bagaimana untuk pergi tentang proses pinjaman, silahkan hubungi saya melalui bfadilah8@gmail.com email saya.
    Tuhan memberkati Anda.

    BalasHapus
  2. Halo semua, saya MRS OLIVIA PHILLIPS
    Anda memiliki pinjaman mendesak?
    Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman?
    Membeli rumah atau mobil?
    Untuk membayar utang?
    "Investasi Kredit" penawaran
    Anda memiliki kesulitan keuangan?
    Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu?
    Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%.
    kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !!
    Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera
    Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau beban perusahaan saya membutuhkan pinjaman mendesak.

    Hubungi: oliviaphillipsloancompany@gmail.com

    Terima kasih telah memilih kami.

    BalasHapus
  3. Angela bercerita kepada Simon bahwa para pemimpin (direktur) berharap melihat proposal yang realistis sekaligus efektif. “Di sisi lain, kami harus berhati-hati tidak membuat pelanggan lari / menjauh. Kata Angela.
    stretchable sofa cover 3 seater
    black couch covers

    BalasHapus