Management Control System

By poetry - 01.23


“…Saya tidak mendapatkannya. Saya hanya memperoleh proposal produk baru (nifty) yang tidak banyak membantu tapi menghasilkan uang (pemasukan), dan adanya koordinasi top manajemen diatur dari atas ke bawah. Tak peduli bagaimana kita menentukan item harga produk baru, kita berharap menghasilkan income $390.000 sebelum kena pajak. Hal ini akan memberi kontribusi sebesar 15 % untuk setiap pendapatan setelah kena pajak, dimana lebih dari dari 10% simpanan bertambah di tahun 1993 dimana presiden (direktur) membuat rencana besar berkaitan dengan laporan atau report tahunan pemegang saham (shareholder). Ini bukan berarti presiden harus melakukan system e.p.s untuk menarik pelanggan, meskipun tingkat keberadaannya (kekuasaannya) memungkinkan untuk menolak proyek menguntungkan (profitable) seperti yang satu ini. “

Pernyataan bernada frustasi tersebut diatas dikatakan oleh Sarah Mc.Neil, seorang manajer pengembangan produk divisi Consumer Product di industri perusahaan-Enager. Perusahaan ini adalah perusahaan kerabat (keluarga) berumur belasan tahun (young), yang mengalami perkembangan cepat pada level penjualan di tahun 1993, terhitung lebih dari $222 milyar. (liat soal 1 & 2; data keuangan tahun 92 & 93).


Enager memiliki 3 divisi: Consumer Products, Industrial Products dan Professional Services. Masing-masing divisi itu menyumbang 1/3 dari hasil penjualan keseluruhan Enager. Consumer Products adalah divisi tertua diantara 3 divisi tersebut, dirancang, diolah (manifacture) dan dipasarkan (didistribusikan) pada berbagai macam produk peralatan rumahan, khususnya peralatan yang berguna di dapur. Industrial Produk Division membangun salah satu peralatan mesin sebagai wujud spesifikasi pelanggan dengan tipikal tugas tertentu, secara luas disebut juga “job shop”, (Enager menghabiskan beberapa bulan untuk melengkapi).

Professional Service Division merupakan divisi terbaru yang ditambahkan Enager untuk menjawab permintaan perusahaan dalam kapasitas besar antara lain: menyediakan konsep land planning, landscape architecture, structural architecture, dan konsultasi pelayanan mesin. Divisi ini tumbuh begitu pesat dikarenakan program atau bagian divisi ini memiliki kemampuan untuk menampilkan studi dampak lingkungan (amdal), seperti yang ditentukan oleh hukum di beberapa proyek pengembangan tanah baru.

Karena perbedaan alamiah dari aktivitas-aktivitas mereka, setiap divisi mencoba memperlakukan perusahaan berdiri sendiri (memiliki esensi kemandirian). Pada perusahaan itu hanya ada sedikit corporate (perusahaan) yang memiliki orang di tingkat level manager dan staff yang bertugas untuk mengkoordinasi aktivitas dalam 3 divisi tsb. Salah satu aspek dari koordinasi ini adalah semua proposal proyek diminta untuk berinvestasi (investment in excess) sebesar $1,500.000 sebelumnya telah direview (dievaluasi) oleh kepala keuangan pemerintah (kepala audit./ chief financial officer) yaitu Henry Hubbard. Hubbard adalah orang yang menolak dengan samgat pengajuan proposal produk baru McNeil, penolakan tersebut ditunjukkan pada contoh 3 (exhibit 3).

Evaluasi Kerja
Merujuk tahun 1992, menunjukkan bahwa setiap divisi telah diatur sebagai profit center, dengan budget keuntungan divisi tahunan dinegosiasikan antara presiden (pimpinan tertinggi) dan GM tiap divisi dewan terhormat. Berdasarkan saran atau anjuran dari Henry Hubbard; Enager’s president, Carl Randall, seharusnya memutuskan untuk menangani tiap divisi sebagai investment center, sehingga menjadi keharusan untuk menghubungkan profit tiap divisi dibanding asset dari asset-aset divisi yang digunakan untuk mengeneralisasikan keuntungan (profit) masing-masing.

Sejak tahun 1992, tiap divisi telah diukur berdasarkan ROA (Return on Asset), dimana didefiniskan menjadi Income tiap divisi per net (division ‘s net income) dibagi total asset-nya. Net income untuk tiap divisi dihitung berdasarkan perolehan divisi dari pemasukan langsung sebelum pajak (Direct income before taxes), kemudian subtrasi dari pembagian divisi tadi berdasar pada corporate administrative expenses (biaya administrasi perusahaan). Alokasi dari pembagian basis pendapatan dibagi menurut income tax expense (biaya pajak pendapatan) pertambahan pajak diaplikasikan kepada divisi “direct income before tax (pendapat langsung sebagai pajak) setelah subtrasi dari alokasi dana biaya / pengeluaran administrasi perusahaan. Walaupun Hubbard menyadari ada cara lain untuk mendefiniskan pendapatan atau pemasukan tiap divisi, dia dan presiden direktur lebih menyarankan atau menyukai metode “it made the sum of the divisional parts equal to the (corporate) whole “ ..yang berarti ini menjadikan seluruh bagian divisional sejajar dengan kesemua dalam perusahan.

Nampaknya, Aset total perusahaan Enager terbagi atas subdivisi yaitu 3 divisi. Sejak masing-masing divisi dioperasikan secara fisik terpisah dengan fasilitas memungkinkan kemudahan untuk menandai atau menamai atribut keseluruh asset, termasuk penerimaan untuk divisi-divisi khusus. Aset kantor perusahaan, termasuk mengontrol mengelola terpusat rekening kas, yang dialokasikan kepada semua divisi berdasar pada divisional revenue. (pembagian pendapatan). Semua fixed asset yang dicatat pada ukuran neraca (balance sheet), terdapat original cost less akumulated straight line depreciation (biaya akumulasi awal sama dengan depreasi produk). Oleh karena itu, jumlah dari asset divisional dari masing –masing divisi seimbang dengan jumlah yang ditunjukkan pada neraca perusahaan ($226,257) per 31 des 1993.

Pada tahun 1991, Enager telah mengalami pengembalian asset pada akhir tahun (net income ditentukan oleh total asset) pertambahan berkisar 5, 2%.

Menurut Hubbard, korespondensi gross return 9,3%, ia mendefinisikan gross return (gross pengembalian) sebanding dengan penyimpanan sebelum bunga dan pajak (EBIT) dibagi berdasarkan banyaknya asset. Hubbard merasa kalau perusahaan seperti Enager sebaiknya memiliki gross (EBIT) ROA paling sedikit 12%, khususnya pada income kenaikan bunga perusahaan, mau tidak mau wajib atau harus membayar sejumlah dana yang dipinjam. Karena itu, Hubbard menginstruksikan manajer tiap divisi mencoba untuk menyimpan gross return sebesar 12% di tahun 1992 dan 1993. Untuk itu dalam rangka membantu mendongkrak naik level ini, ia memutuskan kalo proposal-proposal investasi baru harus menunjukkan tingkat pengembalian tinggi minimal 15% yang akan disetujui.

HASIL
1992-1993

Hubbard dan Randall secara baik, bersahabat dan moderat mencermati hasil pemasukan laporan 1992. Tahun ini adalah tahun yang sulit untuk beberapa para pesaing Enager, bagaimanapun Enager telah mengatur untuk menambah ROA dari 5,2% menjadi 5,7% dan gross return dari 9,3% menjadi 9,5%.

Pada akhir tahun 1992, presiden menekan para GM dibagian Industrial Product Division untuk melakukan (improvisasi ROI), disarankan divisi ini membagi produk berlebihnya agar tidak membuat risau. Manajer divisi membantah pernyataan ini, dan mengatakan divisi dapat atau bisa memperoleh pemasukan atau pengembalian tinggi : jika kita memiliki banyak mesin tua untuk Consumer Product. Presiden merespon, kalo dia tidak memahami relevansi dari bukti nyata manajer divisi ditambahkan “saya tidak melihat mengapa pengembalian asset lama sebaiknya lebih tinggi dibanding asset baru, hanya karena asset lama menghabiskan dana biaya sedikit.


Tahun 1993 hasil laporan mengecewakan dan bisa ditebak membuat bingung Carl Randall karena ROA jatuh dari kisaran 5, 7 % menjadi 5,4% , dan gross return turun drastis hingga 9,5% menjadi 9,4%. Pada saat yang sama, ROS (sales/ net income terbagi atas penjualan) merangkak naik dari 5,1 menjadi 5,5% dan Return on owner’s equity tambah dari 9,1% menjadi 9,2%. Professional Service Division secara mudah, melebihi 12% gross return target.; Consumer product’s gross return on asset sebanyak 10,8%, Industrial products kembali hanya sekitar 6,9% (liat table 4). Hasil pengamatan Randall yang dikatakan kepada Hubbard.

“Kamu tau, Henry, saya telah menjadi seorang marketer selama perjalanan karir dalam hidup saya, tapi sekarang tiba-tiba saya pikir, saya perlu memahami pernyataan yang ada pada ROI. Sekarang saya mengamati ditahun 1993 profit margin kami naik dan deposito (penyimpanan) bank semakin naik. Dua dari ROI mengalami penurunan Return on invested capital terpuruk juga dan mencoba menaikkan return on owner’s equity. Saya masih tidak tau perbedaan pertentangan itu.

Lebih dari itu, nampaknya ada banyak ketegangan diantara manajer kami selama kurun waktu 2 tahun akhir-akhir ini. GM dari Divisi Professional Services nampaknya melakukan kerja yang memuaskan dan diapun merasa bahagia sebagai “lark/ kesukaan’. Saya telah memberinya. Tetapi GM Industrial Product terlihat sungkan/ kejam setiap kali bertemu. Dan minggu yang lalu, ketika saya menyantap makan siang dengan manajer divisi Consumer Product, manajer pengembangan produk, datang dan pergi meninggalkan meja dan sempat mengutarakan hal yang tidak mengenakan telinga terkait dengan proposal produk terbaru yang dikirimkan olehnya dan sempat ditolak.

Saya mengira jika saya sebaiknya mem follow-up ide dari Karen Kraus kemudian membawanya kembali dalam sebuah workshop yang dilakukan organisasi selama dua hari. Dia (wanita) berfikir kita seharusnya memiliki layanan satu hari untuk mengelola semua corporate dan manajer divisional sempat membual bisa memasukkan ROI. (PAN, Yogyakarta)

  • Share:

You Might Also Like

10 Comments

  1. Good day !.
    You re, I guess , probably curious to know how one can collect a huge starting capital .
    There is no initial capital needed You may begin to get income with as small sum of money as 20-100 dollars.

    AimTrust is what you thought of all the time
    The firm represents an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

    It is based in Panama with structures everywhere: In USA, Canada, Cyprus.
    Do you want to become really rich in short time?
    That`s your chance That`s what you really need!

    I`m happy and lucky, I began to get real money with the help of this company,
    and I invite you to do the same. If it gets down to choose a correct companion utilizes your money in a right way - that`s the AimTrust!.
    I take now up to 2G every day, and what I started with was a funny sum of 500 bucks!
    It`s easy to get involved , just click this link http://ubomemiju.freecities.com/yjovuh.html
    and lucky you`re! Let`s take this option together to become rich

    BalasHapus
  2. Hi !.
    You re, I guess , perhaps curious to know how one can manage to receive high yields .
    There is no need to invest much at first. You may begin to get income with as small sum of money as 20-100 dollars.

    AimTrust is what you haven`t ever dreamt of such a chance to become rich
    The company incorporates an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

    Its head office is in Panama with structures around the world.
    Do you want to become a happy investor?
    That`s your choice That`s what you wish in the long run!

    I feel good, I started to get real money with the help of this company,
    and I invite you to do the same. If it gets down to choose a correct companion who uses your savings in a right way - that`s AimTrust!.
    I take now up to 2G every day, and what I started with was a funny sum of 500 bucks!
    It`s easy to start , just click this link http://ihicagezos.1accesshost.com/isyfah.html
    and go! Let`s take this option together to feel the smell of real money

    BalasHapus
  3. Good day !.
    You re, I guess , probably curious to know how one can reach 2000 per day of income .
    There is no need to invest much at first. You may start earning with as small sum of money as 20-100 dollars.

    AimTrust is what you haven`t ever dreamt of such a chance to become rich
    The firm represents an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

    Its head office is in Panama with affiliates around the world.
    Do you want to become a happy investor?
    That`s your choice That`s what you really need!

    I feel good, I began to take up real money with the help of this company,
    and I invite you to do the same. It`s all about how to select a correct companion utilizes your money in a right way - that`s AimTrust!.
    I make 2G daily, and my first investment was 500 dollars only!
    It`s easy to get involved , just click this link http://ymocofuf.bigheadhosting.net/pycavyg.html
    and lucky you`re! Let`s take our chance together to become rich

    BalasHapus
  4. Halo Setiap Satu, nama saya mrsbettyjune dari Indonesia, aku segera ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet harap sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan penipu, ada banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet tetapi beberapa dari mereka adalah asli, saya ingin memberikan kesaksian ini tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman dan pinjaman ini genus nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa kredit lender di sini di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, asuransi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan pinjaman saya mereka. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet saya scammed beberapa kali tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka jadi aku frustrasi dan yang meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya dipegang teman saya yang baru-baru ini mendapat pinjaman online, saya menghubunginya kita membahas tentang masalah dan dia mengatakan kepada saya tentang seorang wanita yang disebut Mrs Jane Morrison yang merupakan CEO dari Jane Morrison Perusahaan Kredit. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp400,000,000) dengan tingkat bunga rendah 1,5%, tidak mengurus usia saya, karena saya mengatakan kepadanya bahwa saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dibuat dan pengalihan pinjaman berhasil dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, sudah disimpan ke bank dan impian saya datang melalui. Jadi saya ingin saran bahwa siapa pun yang membutuhkan pinjaman genus cepat email dia sekarang melalui janemorrisonloanfirm@gmail.com. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. untuk informasi lebih lanjut hubungi saya via bettyjunewheeler@gmail.com

    BalasHapus
  5. Halo, nama saya Mia Mulyadi. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa lender online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Belinda yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari RP 700.000.000 (700 JUTA ) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  6. Kesaksian untuk masyarakat umum. Saya Fadilah dari Surabaya, Indonesia dan saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan / mendidik masyarakat umum tentang mendapatkan pinjaman online.
    Satu-satunya perusahaan Anda bisa online pinjaman adalah Dubril Badan Kredit.
    Saya menghubungi Dubril Badan Kredit ketika saya membutuhkan pinjaman mendesak dan saya ditawari pinjaman pada tingkat bunga 2%.
    Hubungi Dubril Badan Kredit via email pada dubrilloanfirm@gmail.com.
    Jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi tentang bagaimana untuk pergi tentang proses pinjaman, silahkan hubungi saya melalui bfadilah8@gmail.com email saya.
    Tuhan memberkati Anda.

    BalasHapus
  7. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  8. The firm represents an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.
    3pc stitched suit
    bin saeed stitched lawn suits

    BalasHapus