ENCYCLOPEDIA BRITANNICA INC.

By poetry - 03.34

SEJARAH BERDIRINYA :

Pada pertengahan abad ke 19 Skotlandia mengalami zaman informasi, yaitu “the Scottish Enlightment” atau Pencerahan Kaum Skotlandia. Pada saat itu, berlangsung era industralisasi, setelah sebelumnya terjadi revolusi ide (sebagai contoh munculnya teori ekonomi yang digagas Adam Smith tentang “invisible hand ). The Scottish Enlightment membuat kota Edinburgh berubah menjadi pusat budaya ternama di dunia. Jadi bukan hal yang mengejutkan jika selama kurun waktu tersebut, dua orang pengusaha besar mencoba untuk menangkap peluang dan membuat bisnis di bidang pengetahuan.

Pemilik perusahaan itu antara lain adalah Colin Macfarquhar, seorang pemilik bisnis percetakan, dan Adrew Bell seorang pengusaha kerajinan ukir. Mereka membentuk kerjasama di tahun 1768 dengan menerbitkan apa yang mereka sebut “Dictionary of Arts and Sciences “(Kamus Ilmu Pengetahuan dan Seni). Kemudian, menggandeng William Smellie untuk menerbitkan koleksi besar ini, dengan menekankan pada fungsi atau kegunaan. Hal ini tercantum dalam kata pendahuluan hingga 3 volume berikutnya.

Buku panduan baru berhasil diselesaikan dalam waktu 3 tahun dan ditawarkan kepada para konsumen saat pemasangan (installment) tiap minggu-nya. Waktu yang sangat tepat membuat edisi perdana ini terjual habis (laku keras). Tidak berapa lama edisi kedua-pun segera dicetak, diikuti cetakan berikutnya edisi 3 dan 4, semakin hari omzet semakin meningkat dan lebih luas pemasarannya dibanding cetakan-cetakan sebelumnya.

Tahun 1815 ketika edisi ke 5 diterbitkan, permintaan akan seperangkat produk itu berkembang pesat, bahkan setiap cetakannya melambung (bertambah) hingga 20 volume. Versi pembajakannya-pun telah diterbitkan di Amerika pada tahun 1790, dan tumbuh menjadi sebuah perdagangan baru. Meskipun begitu, George Washington membeli juga buku itu.

(this paper as Assignment for PAN, 12 Juni 2009) If you want to get the full image or full information about it you can give comment on this blog. You may to quote this paper by writing the source address.

  • Share:

You Might Also Like

1 Comments