Encyclopedia Britannica part two

By poetry - 03.47

Pada akhir abad ke 19 - menjelang abad ke 20, perusahaan dibeli oleh warga Amerika dan dipindahkan ke sana (USA), EBI memperkenalkan serta menegaskan kembali reputasinya atau visinya sebagai pusat ilmu pengetahuan pertama. Dengan semboyan: “our brand represent material is authoritative and trustworthy.” Perusahaan tersebut berusaha untuk mempertahankan brand mereka dengan merilis ulang bahan material terbaik yang sudah diketahui memimpin dan dapat dipercaya. Ini berarti (brand image) EBI selalu menghadirkan materi atau isi yang terdepan dan terpercaya.

Perusahaan ini merekrut ilmuwan terkenal dan kaum terpelajar termasuk diantaranya Thomas Malthus, Sigmund Freud, dan Marie Curie. Bukan itu saja, EBI juga mencoba membagi topik serta membahasnya secara jelas, lengkap, tajam, diantaranya beberapa topik berikut ini, antara lain: hal-hal yang dianggap tabu, anarkis, ilmu kimia atau angkasa/ alam semesta (ether) dan bahasan teori Evolusi Darwin. Karena permintaan semakin menjamur (banyak) membuat perusahaan ini mau tidak mau harus mempekerjakan karyawan tetap editorial penerbitan dan mulai berproduksi mencetak serta melakukan pembaharuan cetakannya tiap tahun.
Di tahun 1943 William Benton, pendiri dari agensi iklan Benton & Bowler mengambil alih perusahaan tersebut, memegang tampuk pimpinan sekaligus komisi penerbitan. Benton mengembangkan usaha secara global (memperluas usahanya) dan memperbanyak lini produknya yaitu dengan memproduksi Compton Ensiklopedia dan kamus karya G&C Merriam.

EBI memasuki zaman digital di tahun 1981, perusahaan ini menawarkan produk versi elektronik atau digital kepada semua pengguna bisnis elektronik Lexis-Nexic, untuk melakukan kerjasama pelayanan perbaikan informasi dari MDC (Pusat penyediaan data).
EBI menolak untuk menawarkan produk ini kepada pengguna non bisnis terutama pada sekolah-sekolah, perpustakaan, dan ditujukan untuk kepentingan perorangan (individu), bagi mereka subscriber ini mengacu pada pelayanan perbaikan cabang pembantu Mead Corporation (MDC).

Tahun 1989 perusahaan memasuki era elektronik, saat itu perusahaan ini menerbitkan Ensiklopedia Compton dalam bentuk CD. Sasaran utamanya adalah sekolah-sekolah, perpustakaan, dengan hanya membayar 750 dolar, pelanggan telah memiliki hak istimewa untuk mendapatkan pinjaman program ensiklopedia multimedia yang diputar melalui CD ROM.

Perusahan tersebut membanggakan diri mampu melakukan transaksi penjualan (memperoleh omzet) hingga 2300 di tahun 1989. Mereka memasarkan dari pintu ke pintu, berbicara kepada orang –orang & seluruh keluarga (bisa disebut juga promosi mouth to mouth), kemudian berusaha untuk mempengaruhi atau mengajak mereka agar mau menanamkan investasi di Encyclopedia Britannica yang merupakan gudang seluruh ilmu pengetahuan. Kunci utama point penjualan adalah cap/ stempel khusus yang melekat pada EBI sehingga menaikkan nilai jual produk. Banyak orang tua yang percaya setelah mereka memiliki atau menyediakan buku-buku ini di rumah, itu sama artinya orang tua telah memberi keuntungan berupa pengetahuan yang penting untuk bekal anak- anak di sekolah maupun dalam kehidupan mendatang. Itu berarti EBI telah memiliki brand image kuat di masyarakat.

Tahun 1990, konsumen dapat memperoleh seperangkat Encyclopedia Britannica berkisar antara 1500 hingga 2000 dolar. Pendapatan penjualan EBI tercatat mengalami kenaikan baru hingga 650 milyar dolar Bukan hanya itu saja, 32 perangkat produk lainnya berhasil menjadi inspirasi atau standar ensiklopedia di seluruh dunia. Artinya EBI menjadi pemimpin pasar yang mampu menentukan standar kualitas pasar bahkan mampu menentukan aturan maen dan melakukan redifinisi kualitas.

Pada awal tahun 1990-an, perusahaan software terbesar, termegah Microsoft memutuskan untuk menjajal pasar perdagangan atau industri Ensiklopedia. Microsoft mendapatkan izin materi Encyclopedia dari Funk & Wagnalls, kemudian menjual-nya ke supermarket-supermarket dengan menambahkan beberapa (public domain content) cakupan isi kajian serta merilisnya dalam bentuk CD program yang bisa diputar dalam CD ROM di tahun 1993. Produk itu disebut Encarta dijual seharga kurang dari 100 dolar. Bahkan kini banyak diantara industri komputer dengan mudahnya memberikan fasilitas atau program ini kepada para pembeli komputernya.

Diskusi:
1. Gambarkan strategi dan taktik EBI pada tahun 1990?
2 Mengapa model bisnis perusahaan EBI begitu berhasil lebih dari 200 tahun?
3. Mengapa cepat mengena model bisnis ini di awal tahun 1990-an (Bagaimana mengenanya model model bisnis ini?)
4. Apakah EBI sebaiknya merespon/ menjawab berpindahnya Microsoft? Jika iya, bagaimana sebaiknya EBI menjawab& berikan alasannya kenapa?
5. Sistem Pengendalian (control system) apa saja yang bisa Anda rekomendasikan kepada EBI sehingga perusahaan tersebut dapat memahami potensi untuk menambah model bisnisnya?

If you want to get analyzation, please send comment on this blog.

  • Share:

You Might Also Like

7 Comments