10.000 Masyarakat Yogyakarta Bergerak Cegah Osteoporosis

By poetry - 23.02


Ketua TP. PKK Kota Yogyakarta, Hj. Tri Kirana Muslidatun S.PSi (berbaju putih) melepas 10.000 peserta gerak jalan dalam acara puncak peringatan Hari Osteoporosis Nasional (HON) 2014 di timur Balai Kota Yogyakarta Minggu, 23 November 2014. HON Ke-12 memiliki tema "Waktunya Bergerak Sekarang".
10.000 Masyarakat Yogyakarta Bergerak Cegah Osteoporosis dalam Puncak Peringatan Hari Osteoporosis Nasional 2014

Puncak peringatan Hari Osteoporosis Nasional mengusung tema ‘Waktunya Bergerak Sekarang’, sebuah inspirasi gaya hidup aktifMasyarakat Indonesia memiliki gaya hidup tidak aktif/duduk terus menerus, yaitu rata-rata 7 jam/hari kerja dan 5 jam/hari pada akhir  pekan 

Yogyakarta, 23 November 2014 -Hari Osteoporosis Nasional diperingati untuk ke-12 kalinya, dimana tahun ini mengusung tema “Waktunya Bergerak Sekarang”. Acara Puncak Peringatan Hari Osteoporosis Nasional dihadiri oleh Ketua TP. PKK Kota Yogyakarta, Hj. Tri Kirana Muslidatun S.PSi dan 10.000 generasi tua dan muda. Kampanye pencegahan osteoporosis merupakan sinergi antara pemerintah, asosiasi medis, asosiasi masyarakat, dan pihak swasta: Kementerian dan Pemerintah Provinsi, Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi), Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi), dan Fonterra Brands Indonesia. Pada kesempatan ini Fonterra melalui brand ANLENE™, memberikan penghargaan kepada kelurahan penggagas yang telah menyebarkan dan mengedukasi masyarakat di kelurahan yang belum terpapar tentang osteoporosis melalui penyuluhan dan senam pencegahan osteoporosis. 



Ribuan warga Yogyakarta mengikuti perayaan Hari Osteoporosis Nasional ke 12 di timur Balai Kota Yogyakarta, Minggu 23 November 2014. Yogyakarta menjadi kota pertama dalam perayaan Hari Osteoporosis Nasional 2014.

Arief Tjakraamidjaja, Marketing Manager Fonterra Brands Indonesia, menjelaskan, “Tema “Waktunya Bergerak Sekarang” merupakan ajakan kepada semua generasi khususnya generasi muda, untuk mulai aktif bergerak sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Hasil riset consumer polling Fonterra tahun 20131, yang diadakan di Indonesia, antara lain menemukan fakta bahwa masyarakat Indonesia, khususnya yang hidup di perkotaan, memiliki gaya hidup sedentari atau tidak aktif / duduk terus menerus, yaitu rata-rata 7 jam/hari kerja dan 5 jam/hari pada akhir  pekan.” 

Lebih lanjut Arief mengatakan, “Dari hasil riset tersebut terlihat bahwa semakin banyak orang Indonesia yang menjalani gaya hidup tidak aktif. Gaya hidup seperti ini dapat berpotensi memicu berbagai penyakit, termasuk osteoporosis. Oleh karenanya, ajakan untuk meninggalkan gaya hidup tidak aktif dan berubah menuju gaya hidup aktif melalui kampanye “Waktunya Bergerak Sekarang” menjadi sangat penting.”


Ribuan warga Yogyakarta mengikuti perayaan Hari Osteoporosis Nasional ke 12 di timur Balai Kota Yogyakarta, Minggu 23 November 2014.

Dr. Muliaman Mansyur – Head of Medical Sales Fonterra Brands Indonesia, menjelaskan, “Data mengenai osteoporosis menyatakan bahwa 2 dari 5 orang Indonesia berisiko terkena osteoporosis . Oleh karenanya, gaya hidup aktif sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang, mulai dari pembentukan tulang pada usia anak-anak, menjaga kepadatan tulang saat dewasa hingga menghindari terjadinya patah tulang saat usia tua. Perlu diingat bahwa kepadatan tulang semakin menurun seiring bertambahnya waktu. Namun, pada wanita, terbukti bahwa mereka yang bergerak aktif memiliki kepadatan tulang yang lebih baik daripada mereka yang kurang aktif (sedentari) . Oleh karenanya, aktifitas fisik seharusnya menjadi bagian dari gaya hidup sehat setiap orang.”



Arief Tjakraamidjaja, Marketing Manager PT. Fonterra Brands Indonesia mejawab pertanyaan media mengenai tema "Waktunya Bergerak Sekarang" pada acara Perayaan Hari Osteoporosis Nasional (HON) 2014 di timur Balai Kota Yogyakarta, Minggu 23 November 2014. "Waktunya Bergerak Sekarang" merupakan ajakan kepada semua generasi khususnya generasi muda untuk terus bergerak agar tulang tetap sehat.
Arief menambahkan, “Fonterra Brands Indonesia, melalui brand ANLENE™, juga secara konsisten mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai pentingnya pencegahan osteoporosis sejak dini. Sejalan dengan upaya edukasi osteoporosis, di tahun 2013 Fonterra Brands Indonesia memulai inisiatif Menuju Yogyakarta Bebas Osteoporosis yang merupakan komitmen dari Pemerintah Propinsi DIY. Inisiatif serupa juga dilakukan di Jakarta  dan Surabaya. Fonterra Brands Indonesia telah mengimplementasikan komitmen tersebut dalam beberapa program, salah satunya adalah kerjasama dengan PKK di Yogyakarta, Jakarta dan Surabaya. Kami telah menjangkau dan mengedukasi 10.000 kader dan komunitas PKK di 3 kota tersebut dalam hal pencegahan osteoporosis. Dan kami akan teruskan program ini di tahun depan. Kami pun secara terus-menerus melakukan pemeriksaan dini kepadatan tulang (Bone Scan) ke lebih dari satu juta orang Indonesia tiap tahunnya.”

Dalam acara Puncak Peringatan Hari Osteoporosis Nasional, berbagai kegiatan dirancang untuk mengajak seluruh masyarakat bergerak aktif dengan mengajak 10.000 warga Yogyakarta untuk melakukan osteo dance, gerak jalan sepanjang 4 km dan stan makanan berkalsium tinggi yang diadakan oleh para kader PKK, dan tentunya juga pemeriksaan tulang gratis, serta hiburan bagi masyarakat setelah mengikuti kegiatan fisik. 



Peserta peringatan Perayaan Hari Osteoporosis Nasional 2014 yang diselenggarakan oleh ANLENE mendapatkan pemeriksaan tulang (bone scan) secara gratis.  Tema  "Waktunya Bergerak Sekarang" merupakan ajakan kepada semua generasi khususnya generasi muda untuk terus bergerak agar tulang tetap sehat.

Tentang Osteoporosis dan Konsumsi Susu Kalsium Tinggi Sebagai Pencegahannya
Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang ditandai dengan penurunan massa tulang, dimana tulang menjadi tipis, rapuh dan mudah patah. Osteoporosis dapat menyebabkan patah tulang, yang merupakan penyebab fatal kelumpuhan dan kematian. Patah tulang pada osteoporosis dapat dicegah, salah satunya melalui pemenuhan asupan kalsium dan melakukan aktivitas fisik sejak dini. 


Dr. Muliaman menjelaskan, “Angka kejadian osteoporosis di Indonesia cukup tinggi yaitu 2 dari 5 orang Indonesia berisiko tinggi terkena osteoporosis.3 Melihat pada prevalensi tersebut dan mengacu pada hasil riset consumer polling dan riset Fonterra Brands Indonesia bekerjsama dengan Departemen Ilmu Gizi, penting untuk mulai dilakukan pencegahan osteoporosis melalui pola makan sehat dengan memperhatikan komposisi protein, kalsium dan vitamin D, melakukan aktifitas sehat dan terkena paparan sinar matahari. Kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh adalah 1000mg untuk usia 19 – 50 tahun, dan 1200mg untuk usia diatas 50 tahun. Konsumsi susu kalsium tinggi dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis.”


Hasil riset yang dirilis tahun lalu pada wanita pra menopause oleh Massey University, St. Thomas Hospital – UK, dan Fonterra Brands Ltd  dan juga pada wanita pasca menopause oleh Massey University, Departemen Obstetri dan Ginekologi FKUI/RSCM dan Fonterra Brands Ltd , menunjukkan bahwa konsumsi susu yang diperkaya kalsium dan vitamin D selama 2 minggu dapat menurunkan kadar plasma C-telepeptide of type 1 collagen (CTX) yang merupakan penanda pelepasan mineral (kalsium) tulang sehingga menurunkan risiko terkena osteoporosis. 


Riset lain yang diselenggarakan oleh Fonterra Brands Indonesia yang memperkuat hasil riset diatas adalah mengenai manfaat susu kalsium tinggi pada pria dan wanita Indonesia kelompok usia  35-55 tahun. Riset dilakukan bekerjasama dengan Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK dari Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RSCM, pada tahun 2012-2013. Hasilnya menyatakan konsumsi susu tinggi kalsium dua kali per hari dapat menurunkan tingkat pengambilan kalsium dari tulang (resorpsi) dan membantu mempertahankan kalsium tulang. 


Tentang Komitmen Menuju Yogyakarta Bebas Osteoporosis
Program Komitmen Menuju Yogyakarta Bebas Osteoporosis merupakan proyek percontohan dari komitmen daerah untuk pencegahan Osteoporosis, yang dapat menjadi contoh bagi daerah lain. Komitmen Yogyakarta Bebas Osteoporosis telah dicanangkan oleh Asisten pemerintah dan Kesra Prop.DIY, Drs. Sulistyo SHCN, MSi mewakili Gubernur DIY.

Fonterra Brands Indonesia, bekerja sama dengan Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi), Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi), dan PKK mengimplementasikan komitmen tersebut dalam program pelatihan dan pemberdayaan kader PKK di 20 kelurahan Kota Yogyakarta. Kegiatan pelatihan tersebut kemudian dilombakan dalam “Lomba Kelurahan Peduli Pencegahan Osteoporosis”.

Dari program ini, Fonterra Brands Indonesia bersama PKK telah mengedukasi 4.000 warga dari 20 Kelurahan di Kota Yogyakarta akan pentingnya pencegahan osteoporosis. Di tahun yang akan datang, Fonterra akan tetap melanjutkan kegiatan Lomba Kelurahan Peduli Pencegahan Osteoporosis di kelurahan lainnya. 

Tentang Kampanye Waktunya Bergerak Sekarang yang dilakukan oleh Fonterra Brands Indonesia

Fonterra Brands Indonesia, melalui brand ANLENE™, meluncurkan kampanye “Waktunya Bergerak Sekarang”, berdasarkan hasil riset consumer polling Fonterra tahun 20131, yang diadakan di Indonesia, antara lain menemukan fakta bahwa masyarakat Indonesia, khususnya yang hidup di perkotaan, memiliki gaya hidup sedentari atau tidak aktif / duduk terus menerus, yaitu rata-rata 7 jam/hari kerja dan 5 jam/hari pada akhir  pekan. 

Fakta lain yang tak kalah mencengangkannya dari hasil riset1 menyatakan bahwa:
–   Secara keseluruhan, hanya 18% responden yang berolahraga secara rutin setiap hari.   
    Pada pria, hanya 22% yang berolahraga secara rutin dan hanya 14% perempuan 
    Indonesia  
    yang berolahraga secara rutin. 
–   61% perempuan merasa sulit mendisiplinkan dirinya untuk berolahraga secara teratur.
–  Jumlah masyarakat Indonesia yang melakukan olahraga setiap hari pun sangat minim 
    yakni  hanya 18%. 

Peran Aktif Fonterra Brands Indonesia pada Edukasi Pencegahan Osteoporosis

Sejak tahun 2002, Fonterra Brands Indonesia telah menjadi mitra strategis Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, International Osteoporosis Foundation (IOF), Perosi dan Perwatusi dalam kampanye edukasi pencegahan Osteoporosis. Sejak dicanangkannya Hari Osteoporosis Nasional oleh Menteri Kesehatan pada tahun 2002, berbagai kegiatan telah dilakukan untuk mengedukasi serta mengubah pola hidup masyarakat Indonesia menjadi lebih sehat demi mencegah terjadinya Osteoporosis. Fonterra Brands Indonesia juga telah melakukan melakukan kampanye pemeriksaan kepadatan tulang dan bekerja sama dengan Puslitbang Gizi Kementerian Kesehatan untuk mengolah data prevalensi Osteoporosis di Indonesia, serta menyelenggarakan berbagai kegiatan seminar edukatif. 

Melalui ANLENE™, Fonterra Brands Indonesia menyediakan pemeriksaan tulang (bone scan) secara gratis bagi masyarakat Indonesia. Sudah kurang lebih 9,3 juta orang yang telah diperiksa, dari sejak pertama kali disediakan pada tahun 2005.
Tentang ANLENE™™

ANLENE™ adalah merek susu dewasa yang diproduksi oleh Fonterra Brands Indonesia - berkantor pusat di  New Zealand. Sebagai satu-satunya susu berkalsium tinggi yang teruji secara klinis mampu mencegah Osteoporosis, ANLENE™ memiliki komitmen untuk menyediakan susu yang bermanfaat bagi kesehatan tulang. ANLENE™™ merupakan susu rendah lemak yang tidak menyebabkan kegemukan. ANLENE™ tersedia dalam bentuk bubuk dan cair. 

ANLENE™ bubuk memiliki 3 varian yaitu ANLENE™ Actifit untuk usia 19-50 tahun, dan ANLENE™ Gold untuk usia 50 tahun ke atas dan ANLENE™ TOTAL yang diperkaya dengan glukosamin untuk kesehatan tulang dan sendi. ANLENE™ memiliki misi untuk membantu pencegahan penyakit Osteoporosis dengan produk susu yang membantu menjaga kesehatan tulang dan sendi serta kampanye edukasi berkesinambungan akan pentingnya kesehatan tulang dan sendi. 

Sebagai pelayanan terhadap masyarakat,, sejak tahun 2005 ANLENE™ telah mengajak kurang lebih 9,3 juta masyarakat Indonesia di berbagai kota untuk bergaya hidup sehat dan juga secara cuma-cuma memberikan pemeriksaan kepadatan tulang (bone scan). 

Tentang Fonterra Brands Indonesia
Fonterra adalah perusahaan terkemuka dunia di bidang nutrisi susu sekaligus merupakan pemasok bahan baku berbasis susu bagi banyak perusahaan terdepan dunia yang bergerak di industri makanan. Fonterra juga memimpin pasar untuk  merek konsumer susu produksi kami di Australia / Selandia Baru, Asia / Afrika, Timur Tengah dan Amerika Latin.

Sebagai perusahaan berbasis koperasi yang dimiliki para peternak di Selandia Baru, Fonterra merupakan produsen susu terbesar di dunia yang memproduksi lebih dari dua juta ton bahan baku berbasis susu, bahan baku susu bernilai tambah, bahan baku khusus dan produk konsumen setiap tahun. 

Dengan keahlian dan pengalaman yang sudah turun menurun dalam produksi susu, Fonterra merupakan salah satu investor terbesar dunia dibidang penelitian dan inovasiberbasis susu. Lebih dari 16.000 staf kami bekerja secara menyeluruh di industri susu. Mulai dari memberikan konsultasi mengenai sistem pertanian yang berkesinambungan dan produksi susu, hingga memastikan kami memenuhi standar kualitas serta memenuhi kebutuhan pelanggan setiap hari sebagai janji kami kepada pelanggan di lebih dari 100 pasar di seluruh dunia.

  • Share:

You Might Also Like

5 Comments

  1. J.J. Watt will have to wait until nfl jerseys store next season to make a serious run at an unprecedented fourth NFL Defensive wholesale nfl jerseys Player of the Year award.

    The league's dominant defensive Nike Air Max 2015 Shoes force re-injured his back during Houston's NFL Jerseys Week 3 loss to the New England Patriots, NFL Network Insider Ian Nike Air Max 90 Rapoport reported cheap nfl jerseys Tuesday, according to multiple sources with direct knowledge of the situation.

    The Texans will be re-signing veteran defensive end Nike Roshe Run Antonio Smith for depth, Nike Free Run a source informed of the one-year agreement has told Mike Garofolo.

    BalasHapus