Bicara tentang kekuatan suatu
produk pasti perlu ditilik atau dilihat dari bagaimana
kesesuaian antara kebutuhan atau
keinginan pasar. Dan indicator pencapaian keberhasilan seperti
apa sehingga sebuah program dinyatakan
berhasil, iya tentu saja semua itu ditentukan
sejauh mana sasaran yang ingin dicapai. Dan untuk mencapai tepat sasaran perlu beberapa fakta ketika melakukan
pengambilan keputusan. Semua fakta itu dikumpulkan menjadi data. Ketika data
terkumpul yang dilakukan selanjutnya adalah melakukan pengolahan data yaitu menjadi
sebuah informasi merupakan hal yang harus dikuasai dengan baik. Sebelumnya hal
ini bukan hal baru, beberapa perusahaan dan organisasi bahkan sudah sejak lama menerapkan
sistem informasi dan
memanfaatkan teknologi data
warehouse dan data
mining untuk mendukung proses
pengambilan keputusan mereka.
Hal yang baru
adalah sifat dari data
yang dimanfaatkan.
Kemajuan teknologi menghasilkan ledakan jumlah data
yang sangat besar (Big Data). Data tersebut bisa dari berbagai macam segi
kehidupan seperti penggunaan perangkat
seluler, internet dan media sosial, transaksi elektronik, sensor dari
peralatan industri dan rumah tangga, hingga data dari cuaca dan lalu-lintas.
Semua jenis data ini berpotensi untuk mengantisipasi bisnis di masa mendatang.
Saat ini
negara-negara maju sudah
menyadari pentingnya pemanfaatan
Big Data serta penguasaan teknologi.
Kerjasama antara industri,
pemerintahan, dan universitas-universitas sudah lazim
dilakukan untuk percepatan
penguasaan dan pengembangan
teknologi.
Pada pertengahan Oktober 2014, Komisi Eropa
mengadakan kerjasama senilai 2.5 Miliar Euro dengan pihak industri data di Eropa
dalam riset dan
proyek inovatif di
bidang Big Data.
Sebuah organisasi swasta
di Amerika memberikan pendanaan sebesar US$ 4.5 Miliar kepada UC
Berkeley untuk riset Big Data di bidang ekologi, astronomi,
dan mikroskopi. McKinsey
memperkirakan potensi nilai
yang dapat diraih
dari pemanfaatan Big Data
di bidang kesehatan Amerika bisa
mencapai US$ 300
Miliar per-tahun atau setara
dengan dua kali
lipat anggaran kesehatan
r akyat Spanyol.
Sedangkan
dari pelayanan sektor publik di Eropa, potensi nilainya
sampai 250 miliar Euro, lebih besar dari pendapatan perkapita Yunani. Keuntungan
Big Data ini dirasakan oleh konsumen dengan adanya penghematan sampai sebesar
US$ 600 miliar dari pengunaan layanan yang mendukung data personal-location. Untuk
penerapan Big Data di Indonesia sendiri menurut hasil riset dari Forrester
terhadap 1400 eksekutif dan pengambil
keputusan dari 8
negara di Asia
Pasifik, Indonesia memiliki
persentase terbesar (25%) dari
responden yang menyatakan
berencana untuk menerapkan
Big Data dalam bisnisnya.
Namun
untuk persentase responden
yang menyatakan sudah
menerapkan Big Data
di Indonesia masih berada di bawah China dan India. Hasil studi ini juga
menunjukkan ba hwa meskipun ketertarikan terhadap Big Data cukup besar,
Indonesia masih mengalami kesulitan dalam implementasi Big Data. Padahal jika
teknologi Big Data ini diterapkan secara optimal keuntungan yang didapatkan oleh
Indonesia bukanlah hal yang kecil.
Maraknya Tren Big Data saat ini ketika
teknologi tidak hanya dapat menghasilkan data, tetapi data tersebut juga
dapat diolah kembali dengan biaya
yang relatif terjangkau.
Dua komponen utama yang menjadi faktor pendukung Tren
Big Data ini yakni teknologi open source
dan komunitas yang terbentuk
dari kolaborasi dunia
bisnis, riset, universitas,
dan pemerintah. Teknologi
open source memungkinkan siapapun
untuk dapat memanfaatkan dan mengembangkan teknologi Big Data sesuai kebutuhan.
Melihat fenomena ini, Beno Pradekso, CEO
PT Dua Empat
Tujuh (SOLUSI247) bilang, sebuah perusahaan
yang sudah bergerak
di area big
data selama 14
tahun, dibutuhkan sebuah komunitas big
data di Indonesia.
Komunitas ini diharapkan
dapat menjadi wadah
bagi berbagai komponen bangsa,
termasuk di antaranya
akademisi, industri, pemerintahan
dan para penggiat
Big Data untuk dapat bersinergi dan bekerja sama dalam penguasaan
teknologi Big Data untuk kepentingan Indonesia.
Dengan dukungan dari
beberapa universitas terkemuka
di Indonesia dan
kompone nkomponen yang berkecimpung dalam area big data maka
terbentuklah ID Big Data sebagai komunitas Big
Data Indonesia.
Kehadiran
ID Big Data
ini diharapkan dapat
menjadi salah satu
“senjata” bagi Indonesia
menghadapi pasar ekonomi global nantinya di bidang t eknologi. Mengutip sebuah
pepatah dari Afrika “If you want to go quickly, go alone. If you want to go
far, go together”. ID Big Data
Indonesia sendiri akan
diresmikan dalam acara
Konferensi Big Data
Indonesia 2014 yang akan diselenggarakan di Yogyakarta pada bulan
Desember mendatang.
PT Dua Empat Tujuh (SOLUSI247)
merupakan perusahaan ICT (Information Communication Technology) di Indonesia
yang fokus pada pemrosesan Big Data dan komponen elektronik teknologi tinggi. H
PT Dua Empat Tujuh hadir sejak tahun 2000, telah berpengalaman menangani data
yang sangat besar di industri telekomunikasi. PT Dua Empat Tujuh memiliki 3
area bisnis yaitu Information Technology
(IT) Solution, High-Tech Solution, dan Hybrid Solution. Pada area Big Data, PT
Dua Empat Tujuh memiliki produk pengolahan data yaitu H-Grid247 untuk batch
processing, S-Grid247 untuk real time processing, dan H-Spark247 untuk
in-memory processing.
Pada Area High Tech, PT Dua Empat Tujuh berhasil membuat
radar pertama buatan Indonesia dengan komponen lokal yang besar. Saat ini radar
telah diimplementasikan di beberapa kapal perang Republik Indonesia. Pada area
Hybrid, PT Dua Empat Tujuh mengembangkan sistem pengawasan perairan yang
berguna bagi keselamatan dan navigasi di perairan. PT Dua Empat Tujuh memiliki
kantor pusat di kawasan Kuningan Jakarta Selatan dan kantor cabang di
Yogyakarta, Surabaya, dan Eindhoven, Belanda. Untuk informasi lebih lanjut,
kunjungi www.solusi247.com
1 Comments
shijun 7.18
BalasHapusray ban wayfarer
coach outlet store online
louis vuitton
christian louboutin shoes
coach outlet
ray ban sungalsses
ray ban sunglasses
cheap toms
coach factory outlet
michael kors
jordan shoes
hollister kids
fake oakleys
michael kors outlet
coach outlet
jordan 11s
pandora bracelets
hollister clothing store
nfl jerseys
running warehouse
lebron james shoes 2015
true religion
michael kors outlet
coco chanel
prada bags
ralph lauren uk
oakley frogskins
burberry
longchamp sale
christian louboutin shoes
michael kors
oakley outlet
louis vuitton purses
louis vuitton outlet
true religion
toms.com
polo ralph lauren
tods shoes outlet
michael kors handbags
abercrombie outlet