Penguasaan Teknologi Big Data di Indonesia

By poetry - 01.11



Bicara tentang kekuatan  suatu  produk  pasti perlu ditilik atau dilihat  dari  bagaimana kesesuaian  antara kebutuhan  atau  keinginan  pasar.  Dan indicator pencapaian keberhasilan seperti apa sehingga sebuah  program dinyatakan berhasil, iya tentu saja semua itu  ditentukan sejauh mana sasaran yang ingin dicapai. Dan untuk mencapai tepat  sasaran perlu beberapa fakta ketika melakukan pengambilan keputusan. Semua fakta itu dikumpulkan menjadi data. Ketika data terkumpul yang dilakukan selanjutnya adalah melakukan pengolahan data yaitu menjadi sebuah informasi merupakan hal yang harus dikuasai dengan baik. Sebelumnya hal ini bukan hal baru, beberapa perusahaan dan organisasi bahkan sudah sejak lama  menerapkan  sistem  informasi  dan  memanfaatkan  teknologi  data  warehouse  dan  data  mining untuk  mendukung  proses  pengambilan  keputusan  mereka.  Hal  yang  baru  adalah sifat  dari  data  yang dimanfaatkan. 

Kemajuan teknologi menghasilkan ledakan jumlah data yang sangat besar (Big Data). Data tersebut bisa dari berbagai macam segi kehidupan seperti penggunaan perangkat  seluler, internet dan media sosial, transaksi elektronik, sensor dari peralatan industri dan rumah tangga, hingga data dari cuaca dan lalu-lintas. Semua jenis data ini berpotensi untuk mengantisipasi bisnis di masa mendatang. 

Saat  ini  negara-negara  maju  sudah  menyadari  pentingnya  pemanfaatan  Big  Data  serta penguasaan  teknologi.  Kerjasama  antara  industri,  pemerintahan,  dan  universitas-universitas  sudah lazim  dilakukan  untuk  percepatan  penguasaan  dan  pengembangan  teknologi.  

Pada  pertengahan Oktober 2014, Komisi Eropa mengadakan kerjasama senilai 2.5 Miliar Euro dengan pihak industri data di  Eropa  dalam  riset  dan  proyek  inovatif  di  bidang  Big  Data.  Sebuah  organisasi  swasta  di Amerika memberikan pendanaan sebesar US$ 4.5 Miliar kepada UC Berkeley untuk riset Big Data di bidang ekologi,  astronomi,  dan  mikroskopi.  McKinsey  memperkirakan  potensi  nilai  yang  dapat  diraih  dari pemanfaatan  Big  Data  di  bidang  kesehatan Amerika  bisa  mencapai  US$  300  Miliar  per-tahun  atau setara  dengan  dua  kali  lipat  anggaran  kesehatan  r akyat  Spanyol.  

Sedangkan  dari  pelayanan  sektor publik di Eropa, potensi nilainya sampai 250 miliar Euro, lebih besar dari pendapatan perkapita Yunani. Keuntungan Big Data ini dirasakan oleh konsumen dengan adanya penghematan sampai sebesar US$ 600 miliar dari pengunaan layanan yang mendukung data personal-location. Untuk penerapan Big Data di Indonesia sendiri menurut hasil riset dari Forrester terhadap 1400 eksekutif  dan  pengambil  keputusan  dari  8  negara  di  Asia  Pasifik,  Indonesia  memiliki  persentase terbesar  (25%)  dari  responden  yang  menyatakan  berencana  untuk  menerapkan  Big  Data  dalam bisnisnya.  

Namun  untuk  persentase  responden  yang  menyatakan  sudah  menerapkan  Big  Data  di Indonesia masih berada di bawah China dan India. Hasil studi ini juga menunjukkan ba hwa meskipun ketertarikan terhadap Big Data cukup besar, Indonesia masih mengalami kesulitan dalam implementasi Big Data. Padahal jika teknologi Big Data ini diterapkan secara optimal keuntungan yang didapatkan oleh Indonesia bukanlah hal yang kecil. 

Maraknya Tren Big Data saat ini ketika teknologi tidak hanya dapat menghasilkan data, tetapi data tersebut  juga  dapat  diolah  kembali dengan  biaya  yang  relatif  terjangkau.  Dua  komponen  utama yang menjadi faktor pendukung Tren Big  Data ini  yakni teknologi  open source  dan komunitas yang terbentuk  dari  kolaborasi  dunia  bisnis,  riset,  universitas,  dan  pemerintah.  Teknologi  open  source memungkinkan siapapun untuk dapat memanfaatkan dan mengembangkan teknologi Big Data sesuai kebutuhan. Melihat  fenomena  ini, Beno  Pradekso,  CEO  PT  Dua  Empat  Tujuh  (SOLUSI247) bilang, sebuah  perusahaan  yang  sudah  bergerak  di  area  big  data  selama  14  tahun,  dibutuhkan  sebuah komunitas  big  data  di  Indonesia.  

Komunitas  ini  diharapkan  dapat  menjadi  wadah  bagi  berbagai komponen  bangsa,  termasuk  di  antaranya  akademisi,  industri,  pemerintahan  dan  para  penggiat  Big Data untuk dapat bersinergi dan bekerja sama dalam penguasaan teknologi Big Data untuk kepentingan Indonesia.  Dengan  dukungan  dari  beberapa  universitas  terkemuka  di  Indonesia  dan  kompone nkomponen yang berkecimpung dalam area big data maka terbentuklah ID Big Data sebagai komunitas Big  Data  Indonesia.  

Kehadiran  ID  Big  Data  ini  diharapkan  dapat  menjadi  salah  satu  “senjata”  bagi Indonesia menghadapi pasar ekonomi global nantinya di bidang t eknologi. Mengutip sebuah pepatah dari Afrika “If you want to go quickly, go alone. If you want to go far, go together”. ID  Big  Data  Indonesia  sendiri  akan  diresmikan  dalam  acara  Konferensi  Big  Data  Indonesia 2014 yang akan diselenggarakan di Yogyakarta pada bulan Desember mendatang.

PT Dua Empat Tujuh (SOLUSI247) merupakan perusahaan ICT (Information Communication Technology) di Indonesia yang fokus pada pemrosesan Big Data dan komponen elektronik teknologi tinggi. H PT Dua Empat Tujuh hadir sejak tahun 2000, telah berpengalaman menangani data yang sangat besar di industri telekomunikasi. PT Dua Empat Tujuh memiliki 3 area bisnis yaitu  Information Technology (IT) Solution, High-Tech Solution, dan Hybrid Solution. Pada area Big Data, PT Dua Empat Tujuh memiliki produk pengolahan data yaitu H-Grid247 untuk batch processing, S-Grid247 untuk real time processing, dan H-Spark247 untuk in-memory processing. 

Pada Area High Tech, PT Dua Empat Tujuh berhasil membuat radar pertama buatan Indonesia dengan komponen lokal yang besar. Saat ini radar telah diimplementasikan di beberapa kapal perang Republik Indonesia. Pada area Hybrid, PT Dua Empat Tujuh mengembangkan sistem pengawasan perairan yang berguna bagi keselamatan dan navigasi di perairan. PT Dua Empat Tujuh memiliki kantor pusat di kawasan Kuningan Jakarta Selatan dan kantor cabang di Yogyakarta, Surabaya, dan Eindhoven, Belanda. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.solusi247.com     

  • Share:

You Might Also Like

1 Comments