Memperingati HKSN DIY 2014 Digelar Nikah Bareng @The Zoo

By poetry - 19.04

Ini menjadi agenda besar dan cita-cita yang juga ingin diwujudkan oleh WeddingPlanner Poetry juga. Oleh karena itu salut sekali dengan kegiatan yang digelar pada hari Rabu 10 Desember 2014. Ini merupakan aksi nyata peringatan HKSN ( Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional) yang ditujukan untuk membantu dan memecahkan berbagai permasalahan sosial bangsa dan sebagai salah satu cara mendayaagunakan peran aktif masyarakat secara luas, terorganisir dan berkelanjutan.

Seperti yang disampaikan Ketua Umum CSR DIY, GKR Pembayun, kegiatan akan dikemas secara istimewa. Sehingga tidak sekadar nikah bareng, tapi tujuan utama untuk melegalkan pasangan-pasangan yang mungkin belum menikah secara resmi. DIY sudah istimewa, maka kami ingin warganya sejahtera dan istimewa pula, demikin diharapkan putri sulung Sri Sultan Hamengku Buwono X ini.

Pernikahan Istimewa dan Uniq pertama di Indonesia bahkan Dunia yaitu : Nikah Bareng @ The Zoo, yang digelar pada hari Rabu 10 Desember 2014 jam 10.00 WIB – Selesai di Gembira Loka Zoo.

Direktur Utama GLZoo, KMT A.Tirtodiprojo, bilang, Uniq karena Ijab Qobul dilaksanakan di atas Gajah, Onta, Kapal, Dermaga dengan dikirab dari Balai Kota Jogja dengan cucuk lampah 2 pasang gajah dengan para manten naik mobil Taring (transportasi keliling) GL Zoo berbusana Nusantara dengan tata rias tradisi dan modern.

Kegiatan ini digelar oleh FORTAIS (Forum Ta’aruf Indonesia) Sewon Bantul, Forum CSR DIY, Gembira Loka Zoo, Dinas Sosial DIY, Paguyuban Rias Kinasih Jogja didukung beberapa pihak dalam rangka rangkaian HKSN ( Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional) DIY tahun 2014.

Mereka nantinya akan di ijabkan secara berurutan dari di atas gajah, onta dan secara serempak di atas : Dermaga, menara, taring, kapal katamara, speed boat, gethek  dengan dipimpin oleh Kepala KUA Umbulharjo Jogja dengan dibantu beberapa Penghulu dari KUA se-Jogja. Ini menjadi lebih Istimewa lagi karena yang akan menjadi saksi manten adalah : Kepala Dinas Sosial DIY, Pariwisata, Dikpora, BPO, Walikota, Ketua PMI DIY, dsb., dengan mahar seperangkat alat sholat.

Para Manten setelah nanti selesai melakukan ijab qobul akan bersama-sama naik kapal Katamara berlabuh di lautan cinta sambil melepaskan ratusan balon dan burung sebagai lambang cita - cita dan cinta mereka akan abadi selamanya sekaligus cinta Alam. Kemudian mereka akan kembali mengelar tasyakuran di pelaminan Mayang Tirto untuk menerima ucapan selamat dan kado manten berupa : kebutuhan rumah tangga, sembako, dan voucher bulan madu di hotel Berbintang di Jogja, dsb.  Bagi masyarakat yang hadir dan pengombyong juga di sediakan angkringan khas Jogja sebagai jamuannya.

Pernikahan mereka ini tidak hanya disaksikan dan di doakan oleh para tamu undangan tapi juga seluruh alam baik itu Satwa-satwa yang ada dan juga tumbuhan dengan harapan semoga mereka menjadi keluarga yang Sejahtera sakinah mawadah wa rohmah di Jogja yang Istimewa. Kesakralan acara dan keunikannya menjadi memori yang tidak terlupakan oleh para manten bareng  dan semoga ini menjadi inspirasi kita bersama untuk lebih bisa berbuat lebih banyak lagi membantu sesama yang membutuhkan dan sekaligus menjadi kampanye “Nikah Itu Indah dan Berkah”

Ketua Fortais, Ryan Budi Nuryanto bilang, dengan kesadaran bahwa menemukan pasangan hidup tidaklah mudah banyak berbagai kendala dan hambatannya, semoga dengan ketabahan kesabaran ketekunan dan ridhoNya akan terwujud pernikahan yang samawa. Sesuai dengan slogan Fortais Witeng Tresno Mergo Upoyo, Alhamdulillah selama kurang lebih 5 tahun ini FORTAIS Sewon telah berhasil menjodohkan hingga pernikahan 2000 pasang dari berbagai daerah. Hal ini sebagai wujud pelestarian tradisi budaya Nikah yang ada sejak dulu dan dapat meringankan mereka yang tidak mampu untuk nantinya dapat menjalankan sunnah Rasul yaitu ”Nikah” sekaligus sebagai motor pengerak penyelamatan Bumi dan lingkungan dari keluarga di DIY.

Bagi mereka yang pada kesempatan ini belum dapat ikut serta atau mendapatkan Jodoh dapat ikut dalam acara Cari Jodoh Bareng FORTAIS setiap hari Minggu di Minggu ke-3 tiap bulannya di Pendopo Kecamatan Sewon Bantul Jl. Parangtritis Km. 7 Sewon Bantul  sebagai berikut :

Pendaftaran Cari Jodoh Bareng terbuka umum dan gratis dengan mengirimkan CV / Biodata, Kriteria Pendamping yang dicari, foto copy KTP, pas foto 3x4 dan close up 1 buah dapat dikirim via pos ke : FORTAIS d/a. Musholla Nurul Muttaqien jl. Parangtritis Km. 7,5 Bangi Sewon atau email ke fortaisjogja@gmail.com ,(hotline: 081 579 08 232).

Menurut salah satu pengunjung Mbak Ruvaiz bilang, gelaran nikah masal ini luar biasa meriah bahkan diikuti ratusan peserta, belum juga pengunjung yang ingin menyaksikan pernikahan unik ini. Diantara penganten ada penganten tertua dan termuda. Harapannya semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan kembali terlebih kegiatan ini patut dicontoh untuk daerah lain yang memiliki tujuan untuk membantu masyarakat, mewujudkan keluarga yang sakinah mawadah warohmah, dan membantu masyarakat ekonomi lemah.

  • Share:

You Might Also Like

1 Comments