Talkshow Baitul Maal Hidayatullah "Bersama BMH Peduli Banjarnegara"

By poetry - 20.10

Pada hari Sabtu, tanggal 19 Desember 2014 tepatnya jam 7 malam, tim dari Baitul Maal Hidayatullah berkunjung ke Radio Rakosa Jl. Kaliurang KM 6 Pandega Sakti 8 Jogjakarta untuk mengajak pendengar atau masyarakat  peduli terhadap sesama. 

Takshow bertema “Bersama BMH Peduli Banjarnegara”, menghadirkan narasumber Firman Zainal Abidin atau biasa dipanggil Pak Firman yang merupakan Kepala Cabang BMH Yogyakarta. Dalam pengantarnya Firman bilang, bahwa Indonesia merupakan negara yang paling rawan bencana alam di dunia. Berbagai bencana alam mulai gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, banjir, tanah longsor, kekeringan, dan kebakaran hutan rawan terjadi di Indonesia.

Bahkan untuk beberapa jenis bencana alam, Indonesia menduduki peringkat pertama dalam paparan terhadap penduduk atau jumlah manusia yang menjadi korban meninggal akibat bencana alam. Inilah yang menasbihkan Indonesia sebagai negara dengan resiko dan dampak bencana alam tertinggi di dunia.

Dan dari keenam jenis bencana alamtersebut di atas, Indonesia menduduki peringkat pertama pada dua bencana alam yakni tsunami dan tanah longsor, peringkat ketiga pada gempa bumi, dan peringkat keenam pada banjir.

Mengingat bencana alam yang terjadi selain disebabkan oleh faktor alam juga oleh faktor manusia yang merusak alam, maka sudah sepatutnya kita bertindak lebih arif terhadap alam.

Yang terbaru ada bencana tanah longsor di Banjarnegara. Banyak saudara-saudara kita yg menjadi korbannya akibat longsor tersebut. Tercatat sampai tadi sore korban ditemukan sebanyak 88 hingga 95 orang jiwa dari total 109 orang yg hilang.

Alhamdulillah BMH sebagai lembaga Amil Zakat yang salah satu programnya adalah bidang Sosial membantu berbagai bencana salah satunya, dari hari pertama longsor BMH sudah menuju lokasi bencana dan mendirikan Posko dan bekerja sama dengan Team DAS Hidayatullah dan  standbay sebagai tim pencarian. Untuk kesehatan BMH sendiri memiliki tim medis IMS.

Saat ini dari teman-teman BMH Cabang bergantian berangkat kesana, dan InsyaAllah BMH dari Jogja mau memberangkatkan kloter ke-3, Walaupun pemerintah membuat keputusan batas terakhir tanggap darurat longsor pada tanggal Ahad 21 besok. Karena setelah tanggap darurat ini habis, fokus BMH pada trauma healing dan kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut, dikatakan juga bahwa Posko BMH  berada ada di kompleks Masjid Jami’ Al-Huda Desa Karangkobar, Kecamatan, Banjarnegara.

Untuk menjembatani masyarakat Jogja yang hendak membantu saudara-saudara di Banjarnegara BMH insyaAllah siap membantu menyampaikan ke korban longsor Banjarnegara.

Donasi Bisa VIA:
BSM #7005.048.707 | Bank Muamalat #531.00342.30
A.N Yayasan Baitul Maal Hidayatullah
Konfirmasi donasi via SMS Center 0857 9993 9991
Atau dpt diantar langsung ke Kantor: Graha Tumutu, Jl Damai No. 53 Mudal, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Jogja
Telp. 0274-7432112 | SMS 0857 9993 9991
Bisa juga kunjungi www.bmhjogja.com
Twitter @bmhjogja
FB: BMH Yogyakarta
Sedangkan untuk mengetahui sekilas tentang BMH sebagai berikut; BMH atau Baitul Maal Hidayatullah merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dana Zakat, infaq, sedekah, kemanusiaan, dan CSR perusahaan, dan melakukan distribusi melalui program pendidikan, dakwah, sosial dan ekonomi secara nasional. Pada tahun 2001 Menteri Agama menerbitkan SK Legalitas yang mengukuhkan BMH sebagai lembaga amil zakat nasional (LAZNAS). Namun, kiprahnya telah lebih dahulu berjalan ketika awal berdirinya pesantren Hidayatullah di Gunung Tembak, Balikpapan. Kini dengan hadirnya jaringan 54 kantor cabang di seluruh Indonesia, Laznas BMH kian mengukuhkan langkah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menunaikan serta mengoptimalkan dana ZIS yang terhimpun melalui program yang berorientasi pada kemaslahatan umat.

Melalui program pendidikan, dakwah, ekonomi dan sosial merupakan upaya mengurai masalah sosial dan membangun insan yang lebih bermartabat. Kini kiprahnya tersebar di 33 provinsi, dari perkotaan hingga desa terpencil dan pedalaman. Aktifitas pemberdayaan dibangun melalui 238 pesantren yang mayoritas di daerah terpencil, ratusan sekolah serta ribuan dai yang berkiprah dan komunitas masyarakat merupakan energi untuk menjadi penggerak perubahan menuju masyarakat yang lebih berdaya, religius dan mulia.

BMH memiliki visi yaitu menjadi lembaga amil zakat yang terdepan dan terpercaya dalam memberikan pelayanan kepada ummat dan memiliki Misi yaitu meningkatkan kesadaran umat untuk peduli terhadap sesame, mengangkat kaum lemah (dhuafa) dari kebodohan dan kemiskinan menuju kemuliaan dan kesejahteraan, menyebarkan syiar Islam dalam mewujudkan peradaban islam. Sedangkan untuk bertanya tentang bagaimana kiprah dari BMH dalam membantu longsor banjarnegara BMH sejauhmana, bantuan apa saja yang bias dititipkan untuk korban longsor, bagaiman cara berdonasi silahkan menghubungi:
Baitul Maal Hidayatullah Yogyakarta
Call Center # 0851 0043 2112
SMS Center # 0857 9993 9991
PIN BB # 758DA24F
Email # cs.jogja@bmh.or.id
Twitter: # @bmhjogja
Web # www.bmhjogja.com

REKENING BANK
BANK MUAMALAT # 531.00342.30
BSM # 7005.048.707
a.n Yayasan Baitul Maal Hidayatullah
Atau kunjungi http://www.bmh.or.id/


  • Share:

You Might Also Like

1 Comments

  1. J.J. Watt will have to wait until nfl jerseys store next season to make a serious run at an unprecedented fourth NFL Defensive wholesale nfl jerseys Player of the Year award.

    The league's dominant defensive Nike Air Max 2015 Shoes force re-injured his back during Houston's NFL Jerseys Week 3 loss to the New England Patriots, NFL Network Insider Ian Nike Air Max 90 Rapoport reported cheap nfl jerseys Tuesday, according to multiple sources with direct knowledge of the situation.

    The Texans will be re-signing veteran defensive end Nike Roshe Run Antonio Smith for depth, Nike Free Run a source informed of the one-year agreement has told Mike Garofolo.

    BalasHapus