1 Dekade Kedai Kopi Espresso Bar

By poetry - 21.19

Dalam rangka memperingati Ulang Tahun yang ke 10, KEDAI KOPI ESPRESSO BAR (KEIKO)  menggelar rangkaian event 10 hari untuk berbagi . Acara berlangsung tanggal 1 oktober 2014 (HUT) disusul berturut-turut tanggal 2 hingga 9 November 2014. Berikutnya pada hari Minggu, 19 Oktober 2014 lalu, mengundang rekan-rekan media cetak dan elektronik se-DIY  untuk berbincang mengambil lokasi di  lantai  2  Kedai  Kopi  Espresso  Bar  Jl.  Ampel  Gading  no.  416   Ring  Road  Utara Condong Catur.  

Hadir dalam kesempatan tersebut bapak Sumijo, Amd  selaku Perwakilan dari Kelompok Tani  Kopi  Merapi  sekaligus  Ketua  Koperasi  Kebun  Makmur  dan  Bapak  Denny  Neilment,  SE  selaku Direktur PT. Temmates Indonesia yang merupakan pemilik dan pengelola dari Kedai Kopi Espresso Bar di Yogyakarta.
Ketua  panitia  acara  #1  DEKADE  KEIKO Yudha  Hermawan bilang, beragam kegiatan digelar pada HUT KE-10 KEDAI KOPI ESPRESSO BAR bertema “COFFEE TELLS STORY. Adapun acara-acara yang telah dan akan dilaksanakan mencakup :

Rabu, 1 Oktober 2014 sebagai bentuk rasa syukur kami telah 10 tahun KEDAI KOPI ESPRESSO BAR  beroperasi di Yogyakarta, maka manajemen memutuskan  untuk mendiskon seluruh menu yang dijual pada hari itu sebesar 10 % untuk seluruh pelanggan, dan juga mengalokasikan 100 % omzet  yang diterima pada hari itu di  Keiko Gejayan,  Keiko 403,  Keiko ConCat,  Keiko Bandara Adi Sucipto,  Keiko Jogjatronik  & Keiko Palu  akan didonasikan untuk sosial & pihak-pihak yang membutuhkan.  Jum’at,  3  Oktober  2014  Seluruh  donasi  Omzet  yang  terkumpul  dari  6  outlet tersebut diatas telah disalurkan pada hari melalui #SedekahRombongan.

 
Minggu,  19  Oktober  2014, temu  wicara  dengan  rekan  –  rekan  media  cetak elektronik  se-DIY  guna  memaparkan  acara  dan  kegiatan  yang  akan  dilaksanakan  pada peringatan  #1  DEKADE  KEIKO  kali  ini.  Dalam  acara  tersebut,  panitia  secara  resmi mengumumkan  pembukaan  pendaftaran  bagi  calon  peserta  workshop  dan  lomba  yang  dapat diperoleh  diseluruh  outlet  Kedai  Kopi  Espresso  Bar  Yogyakarta  mulai  hari  Senin,  20  Oktober 2014  hingga  Jum’at,  01  Nopember  2014.  Pada  hari  Jum’at,  01  Nopember  2014  juga  dibuka stand  panitia  #1  DEKADE  KEIKO  untuk  pendaftaran  acara,  bersamaan  dengan  acara  Seminar Kopi Nasional yang diadakan oleh adik-adik dari FTP UGM bertempat di LPP Convention Hotel.
Minggu, 2  Nopember  2014, akan digelar Workshop bertema  “Java Coffee: Mitos  atau  Fakta”. Acara   tersebut  rencananya  akan  menggabungkan  kegiatan  outdoor  dan indoor  dalam  suatu  waktu,  dimana  kegiatan  outdoor  dilaksanakan  dengan  mengunjungi langsung kebun kopi merapi milik dinas pertanian kabupaten Sleman, sekaligus melihat langsung Pulping (pemisahan kulit chery kopi), Sorting  (pemilihan kopi ) &  Roasting  (Sangrai kopi). Acara akan  ditutup  dengan  seminar  tentang  kopi   yang  akan  dihadiri  oleh  1)  Bapak  Drs.  H.  Sri Purnomo, MSi  selaku Bupati Sleman,  2) Bapak  Dr. Surip Mawardi,  SU  (Peneliti utama ICCRI & BAPAK KOPI INDONESIA) ,  3) Moelyono Susilo  (Direktur Pemasaran PT. Taman Delta Indonesia, anggota AEKI Semarang)  dan   4) Sumijo, Amd  (Pelopor penanam kembali kopi merapi dan ketua koperasi  kebun  makmur).

Dalam  acara  tersebut  juga  rencananya  akan  turut  juga  diisi  dengan pemberian  10.000  benih  kopi  robusta  untuk  para  petani  kopi  di  lereng  gunung  merapi  serta penyerahan hasil donasi pelanggan 5 outlet  KEDAI KOPI ESPRESSO BAR YOGYAKARTA  selama bulan  Oktober  2014  yang  akan  digunakan  untuk  membantu  pendirian  Mushalla  dan  fasilitas umum (kamar mandi & tempat wudhu’) di  Warung Kopi Tradisional Merapi, yang berlokasi di desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, DIY yang juga merupakan milik dari bapak Sumijo, Amd.

Senin,  3  Nopember  2014,  seluruh  pelanggan  akan  dimanjakan  dengan  alunan    “MUSIK AKUSTIK”  sambil “NGOPI MERAPI GRATIS”    dalam acara “KEIKOSTIK”  yang bertempat di KEIKO GEJAYAN, yang beralamat di jl. Bougenville No. 01, Selokan Mataram, Yogyakarta.
Selasa,    4  Nopember  2014,  KEIKO  JOGJATRONIK    akan  mengundang  manajemen  malljogjatronik,  pemilik  &  pengelola  tenant  gadget  yang  berada  disana,  serta  pelanggan  yang kebetulan berada di Mall Jogjatronik untuk mengikuti    Short Class  “CUPPING  MERAPI COFFEE” dengan  bintang  tamu  Bapak  Sumijo,  Amd  selaku  pelaku  dan  petani  kopi  dilereng  gunung merapi.
Rabu,  5 Nopember 2014, akan diadakan Workshop bertema“Profesi Barista”  akan diadakan di KEIKO  CONDONG CATUR  dengan bintang tamu para Barista Juara dan Berprestasi di regional Jateng – DIY periode 2012 – 2014, sekaligus lauching Sekolah Barista “Teammates Indonesia”.  
Kamis, 6  Nopember  2014,  Keiko  403  akan  mengadakan  short  Class  “CUPPING  COFFEE: SINGLE ORIGIN VS KOPI INSTAN” yang terbuka untuk umum.
Jum’at,   7 Nopember 2014, akan ada 2 acara di 2 outlet Keiko Yogyakarta :
Keiko Bandara Adi Sucipto  (  07 –  09 Nop  2014 jam 05.00 –  21.00 wib)  “Bagi-bagi  KOPI MERAPI GRATIS!!!”  untuk semua pengunjung yang singgah di outlet tersebut. Keiko 403 akan mengadakan  “KEIKOSTIK”  dengan band akustik tamu yang  menarik  dan juga “NGOPI MERAPI GRATIS”
Sabtu,  8 Nopember 2014, akan diadakan kontes (perlombaan) antar pelanggan yang hadir di seluruh  Keiko Gejayan,  Keiko  403,  Keiko  Condong  Catur  &  Keiko  Jogjatronik  dengan  hadiahhadiah menarik untuk pemenang disetiap lombanya. Adapun perlombaan yang diadakan antaralain  :  lomba  menghabiskan  kopi  dengan  sendok,  lomba  minum  milkshake  terbanyak,  lomba karya foto ucapan selamat HUT Kedai Kopi di outlet dan lainnya. Pemenang akan diumumkan pada acara penutupan #1 DEKADE KEIKO pada keesokan harinya. 
Minggu  9 November 2014,  Sebagai penutup rangkaian acara  #1 DEKADE KEIKO, kegiatan akan dipusatkan di KEIKO 403. Pada hari itu kegiatan akan dimulai sejak siang hari hingga malam hari dengan rincian sebagai berikut :
11.00  –  17.00  wib  :  Lattee  Art  Throwdown  Competition  yang  akan  memperebutkan hadiah total sebesar  Rp. 2.000.000,-  serta akan diikuti oleh Barista dari dalam dan luar kota Yogyakarta.
18.00 – 23.00 wib Hiburan musik akustik bersama Jasmine Akustik & Friends
Do’a Bersama  yang dipimpin oleh Drs.  H. Sri  Purnomo, MSi  / Prof. Dr. Yunahar Ilyas, MA
Minum  kopi  merapi  secara  massal  &  gratis  untuk  seluruh  orang  yang  hadir ataupun lewat di jalan kaliurang km. 6.5 (Target 500 – 1.000 cups).
Pengumuman hasil lomba dan penyerahan hadiah
Hiburan lainnya : Stand-up Commedy & Aksi Hipnotis.

Bapak Sumijo, Amd,  dalam kesempatan tersebut  juga  berbagi cerita tentang suka duka beliau dan para petani kopi dilerang merapi  pasca erupsi Merapi 2010  lalu. Selain musibah hilangnya lebih dari 800 H  perkebunan  kopi  milik  petani  dilokasi  tersebut  akibat  imbas  tertibun  abu  vulkanik,  menurut  beliau saat ini musibah yang lebih besar adalah perusakan alam dan dekadensi moral akibat dari eksploitasi sisa abu vulkanik dengan dalih reklamasi. Ditambahkan beliau, akhir-akhir ini tingkat penyebaran “PMS” didaerah cangkirangan termasuk yang paling tinggi di kabupaten Sleman dan DIY. Oleh karena itu beliau sangat  menghargai  setiap  partisipasi  berbagai  pihak  yang  peduli  akan  keberlangsungan  kopi  dilereng merapi,  selain  dapat  tetap  melestarikan  alam  dan  tumbuhan  disekitarnya,  usaha  untuk  mengangkat kembali  kopi merapi butuh dukungan dari banyak pihak yang peduli akan keberlangsungan kopi merapi yang dipercaya dapat bersaing dengan kopi-kopi berkualitas baik dari daerah lainnya. Diakhir sesi, Bapak Denny Neilment, selaku direktur utama PT. Teammates Indonesia, menjelaskan alasan  kenapa perlu diadakannya peringatan  #1DekadeKeiko  ini.  Kedai Kopi Espresso Bar  berdiri atas partisipasi banyak pihak  baik pendiri, penanam modal & pelanggan yang memberikan kritik dan saran dipra-pembukaan  outlet.  

Oleh  karena  itu,  tepat  pada  usianya  yang  ke-10  tahun,  Keiko  berkeinginan untuk berbagi untuk banyak pihak pula, berbagi cerita suka cita dalam menjalankan usaha coffee shop, berbagi  pengalaman  tentang  bagaimana  memilih  dan  menikmati  kopi  yang  terbaik  yang  dimiliki  oleh negeri  Indonesia  ini. Kegiatan ini diawali  dalam format spiritual dalam bentuk donasi omzet dan diakhir juga  dalam  format  spiritual  dalam  bentuk  do’a  bersama  dan  berbagi  kopi  gratis,  merupakan  wujud terima kasih yang tertinggi kepada Allah, Tuhan YME, karena tanpa ijin & kehendakNya, mustahil Kedai Kopi Espresso Bar dapat tumbuh berkembang dan berkarya selama 10 tahun ini. 

Ditambahkan pula, alasan utama memilih Kopi Merapi sebagai salah satu  ‘ikon’  kopi yang banyak ditampilkan dalam acara #1DekadeKeiko  ini, selain sebagai wujud terima kasih  Kedai Kopi Espresso  Bar Group  yang    tumbuh  dan  berkembang  di Yogyakarta  sejak  tahun 2004,  manajemen dan seluruh SDM Kedai Kopi Espresso Bar  juga  percaya bahwa Kopi Merapi punya potensi menjadi kopi  ‘Speciality’  yang mempunyai  kekuatan  dari  sejarah  dan  mental  pantang  menyerah  dari  para  petani  yang  konsisten memperjuangkan kelestariannya. Salah bukti yang telah dirasakan oleh  PT. Teamamtes Indonesia  baru-baru  ini,  dimana  Barista  yang  bernama  Intan  Sakina  Prihastuti  berhasil  menjuarai  “Java  Barista Competition”  yang  diadakan  oleh  salah  satu  perusahan  eksportir  kopi  terbesar  di  Semarang  dalam tajuk  “Coffee  Explore”  pada  tanggal  16  –  18  Oktober  2014  lalu,  dengan  membawa  “Kopi  Merapi” sebagai  bahan  baku  utama  untuk  membuat  4  Espresso,  4  Cappuccino  &  4  Signature  drink  yang diperlombakan.

  • Share:

You Might Also Like

4 Comments