Kelurahan Patehan Gelar Jalan Keluarga Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-86

By poetry - 21.57

Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-86 tahun 2014, Warga Rukun Tetangga (RT) 30 Kelurahan Patehan menggelar Jalan Sehat Keluarga.  Gerak jalan sehat ini diikuti oleh Lurah Patehan, Drs. Sukardi bersama Istri dan  lebih dari 200 warga, dengan start dan finish di Gedong Ledhok Sari RT.30 RW.08 kompleks wisata Taman Sari kelurahan Patehan Kota Yogyakarta, Minggu, (26/10) pagi. Rute yang dilewati jl. Nagan Lor, Nagan Tengah, Patehan Tengah, Plengkung Gading, Alun-Alun Selatan, Patehan Lor,  Nagan Lor dan Gedong Ledhoksari. 

Selain jalan sehat, panitia juga menggelar  atraksi kesenian berupa lagu dan pembacaan puisi bertemakan sumpah pemuda. Peringatan ini diisi pula  pencerahan tentang sejarah dan magna sumpah pemuda oleh  Drs. H. Hari Raharjo, salah seorang warga yang cukup berpengalaman di bidang organisasi kepemudaan dan Pandu. Hari Raharjo  banyak  menceritakan pengalaman hidup dan perjuangannya sekaligus memberi nasehat dan dukungan moral bagi para pemuda di RT.30 atau pemuda sekitarnya. 

Lurah Kelurahan Patehan Drs, Sukardi yang ikut hadir bersama warga sejak acara jalan sehat keluarga ikut memberikan sambutan dan nasehat. Sukardi mengajak para warga, khususnya para pemuda di RT. 30 dan Kelurahan Patehan untuk meneladani  para  pemuda seperti Jong Java, Jong Selebes, Jong Ambon dan lainnya. Menurutnya, para pemuda ini telah meletakkan dasar persatuan dan kesatuan bangsa menuju kepada persatuan untuk merebut kemerdekaan yang telah dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia sekarang ini. 

Sukardi menambahkan pemuda harus mengisi kemerdekaan yang telah diawali oleh para pemuda di tahun 1928 dengan bekerja keras sesuai profesinya masing-masing. Sebagai pelajar misalnya, pemuda harus belajar dengan sungguh hati mempersiapkan diri dengan ilmu demi masa depannya dan bangsa Indonesia. “Belajarlah dengan serius. Jangan cepat menyerah. Siapkan diri anda dengan sebaik mungkin untuk masa depan kalian,” nasehat Sukardi. Sukardi mengibaratkan perjuangan itu seperti  belajar naik sepeda, harus ada jatuh dan bangun, namun tidak boleh menyerah di tengah jalan.

Lurah Patehan ini juga,  mengajak warga RT. 30 RW.08  untuk  bersama bahu membahu, dengan semangat gotong royong membangun Kota Yogyakarta yang  dimulai dari wilayah yang paling kecil yakni di tingkat RT.  Menurutnya, warga bisa berperan di masyarakat sesuai dengan kemampuannya masing-masing melalui kegiatan  seperti PKK, dasawisma, kerja bakti, dan kumpulan warga lainnya. 

Sukardi juga berharap warga RT.30 mendukung program Kampung Ramah Lingkungan dimana tahun 2015 nanti  RW 08  Kelurahan Patehan juga masuk dalam program tersebut. “Saya harap warga ikut membantu menyukseskan program kampung ramah lingkungan di RW.08 ini ya. Kalau kampungnya ramah, hijau, sejuk karena banyak tanamannya, pasti kita semua senang to,” ujar Sukardi. Sukardi juga memberikan banyak informasi program pembangunan pemerintah kota Yogyakarta yang didelegasikan ke wilayah.

Hal menarik dari kegiatan peringatan hari Sumpah Pemuda ini adalah semua anggota  panitia diisi oleh kaum muda, sebagai contoh, ketua panitia , Muhammad Faisal masih tercatat sebagai siswa SMP.  Kegiatan  yang dihadiri lurah, ketua PKK Kelurahan, LPMK, para pengurus RT, RW  dan warga ini penuh berjalan lancar Panitia menyediakan banyak hadiah dan doorprize sumbangan warga.  Hadiah utama berupa sebuah Tablet HP, alat masak listrik, dan Lemari Plastik.

  • Share:

You Might Also Like

1 Comments