Mardi Wuto Yogyakarta Berdayakan Para Tunanetra

By poetry - 01.53

MARDI WUTO telah di kenal sejak tahun 1972 ,di rintis dan di kelola oleh suatu perkumpulan bernama "Vorstenland Blinden Instituut" mitra dari "Centrale Vereniging tot befordering de Oogheerkunde in Nederlands Indie" yang membawahi Rumah Sakit Mata Dr.Yap.

Dahulu para tunanera di bina dengan keterampilan membuat keset dari sabut kelapa,sapu,sulak dan lain sebagainya pekerjaan anyaman. Kini esuai dengan perkembangan zaman , Badan Sosila Mardi Wuto melakukan usaha pembinaan yang di utamakan pada peningkatan pendidikan di samping keterampilan agar mereka dapat mandiri, mepunyai pengetahuan formal seperti yang dimiliki oleh warga negara lainnya.

Berdasarkan Undang-undang No.16 Tahun 2001 Tentang Yayasan, maka badan Sosial MardiWuto terhitung mulai tahun 2002 menggabungkan diri di bawa Yayasan Dr.Yap Prawirohusodo
 
VISI
Menjadi lembaga Sosial terkemuka di indonesia yang mempu memberdayakan para tunanetra menuju terwujudnya tunanetra mendiri pada tahun 2020
 
MISI
Membina dan membantu tunanetra dalam mengembangkan diri menuju terwujudnya kemandirian

Meningkatkan kualitas layanan dan prasarana khusunya, tanpa membedakan Agama ,Suku, dan latar belakang Sosial. Menjalin kerja sama dengan lembaga lain yang berkualitas dan Propesional, baik dalam dan luar negri. untuk meningkatkan kenerja Badan Sosial Mari Wuto dalam memberi layanan kepada tunanetra.

Badan sosial Mardi wuto diresmikan berdasarkan Akta Notaris Ny. Suparyatun Sutjipto, SH. No. 14 tahun 1991, tanggal 20 Agustus 1991

Tujuan badan Sosial Mardi Wuto adalah membantu pemerintah dalam meningkatkan nasib para tuna netra. Usaha-usaha serta kegiatannya meliputi:

1. Perpustakaan kaset dan buku braile
2. Perekaman buku pengetahuan untuk para pelajar, mahasiswa tunanetra, juga berdasar 
    pesanan kepada yang membutuhkan pustaka.
3. Pnti pijat ( terbuka untuk umum dan dapat dipanggil)
4. Pelajaran bahasa Inggris
5. Kesenian, olah raga untuk tuna netra
6. Pembinaan untuk hidup mandiri
7. Memperluas kesempatan pendidikan bagi para tunanetra
8. Pendidikan keterampilan
9. Penyaluran tenaga kerja para tunanetra.

 

NGOBRAS Rakosa Radio Pilihan Perempuan hadir setiap hari Kamis, pk 15.00-15.30 wib, menghadirkan narasumber special yang akan dipandu oleh Hj. Tuti Lukman Sutrisno. Untuk edisi hari ini Kamis, 2 Oktober 2014, Ngobrol Santai bareng Ibu Titi Sunandar Pimpinan Badang Mardi Wuto. Yaitu Tujuan badan Sosial Mardi Wuto adalah membantu pemerintah dalam meningkatkan nasib para tuna netra.



  • Share:

You Might Also Like

2 Comments