Jamuan Minum Teh Ala Tamu Raja di Royal Ambarrukmo Yogyakarta

By poetry - 22.39


Royal Hi-Tea atau yang bisa disebut Patehan adalah sebuah tradisi Keraton, yaitu tradisi “meminum teh” di pagi atau sore hari yang biasa dilakukan oleh para Sultan di Yogyakarta. Tradisi prosesi minum teh ini masih dilakukan di Keraton Yogyakarta hingga saat ini. Nama Patehan diambil dari sebuah bangsal yang terdapat di Keraton. Di bangsal itulah tempat memproses penyajian teh yang akan disajikan untuk Sri Sultan Hamengku Buwono. Melihat hal tersebut, Royal Ambarrukmo Yogyakarta menawarkan pengalaman yang dapat dinikmati oleh tamu tamu hotel atau khalayak umum untuk merasakan sensasiprosesi jamuan minum the yang disajikan ala Sultan setiap hari Jumat sore.

Patehan atau Royal Hi-Tea di Royal Ambarrukmo Yogyakarta ini akan dikemas berbeda tanpa meninggalkan pakem yang sudah ada. Hal ini rutin dilakukan setiap hari Jumat sore sambil menikmati pemandangan Jemparingan Mataraman (memanah ala pangeran dari Keraton sejak jaman Kasultanan mataram). Bagi tamu yang ingin merasakan prosesi minum teh dan merasakan menjadi tamu Raja akan memulai jamuan minum teh ini dengan dijemput dari lobby hotel kemudian diantar ke Pendopo Agung dengan disambut oleh abdi dalem. Kemudian para tamu hotel akan menyaksikan prosesi jamuan dengan parade abdi dalem membawa sajian the dan makanan kecil( khasKeraton Yogyakarta ). Proses penyajian teh biasanya dilakukan oleh lima abdi dalem wanita yang dikepalai oleh seorang “bekel”. Semuanya menggunakan busana adat yang disebut “Samir” dan tentunya bertelanjang kaki, turut aturan seorang abdi dalem Keraton.

Diharapkan dengan adanya Royal Hi- Tea / Patehan ini  dapat menjadikan signature dan menambah pengalaman baru Anda bagi para pecinta teh dan tamu tamu Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Dan masyarakat luar dapat mengetahui tradisi Kasultanan Yogyakarta yang sesungguhnya dan dapat menjadi pilihan bersantai bersama orang-orang tersayang dengan cara yang berbeda

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments