Royal Ambarrukmo Yogyakarta Hadirkan Aneka Penyetan dan Wedangan di Tepian Kolam Renang

By poetry - 23.03


Apa pendapat Anda tentang Kota Yogyakarta? Kota yang nyaman, ngangeni atau Anda punya pendapat sendiri. Tapi pastinya Anda sepakat dengan saya, Kota Yogyakarta merupakan kota yang sangat kaya akan keanekaragaman kuliner tradisional sehingga disudut manapun kita bisa sangat mudah mendapati beragam menu tradisional yang menggoda.  Salah satunya adalah aneka Penyetan. Penyetan sangat khas dengan sajian aneka lauk yang digoreng, seperti ayam, bebek, ikan, tahu, ataupun tempe yang disajikan bersama dengan sambal dan aneka sayur lalapan.

Sajian yang populer disajikan di warung tenda kaki lima ini kini disajikan di area kolam renang Royal Ambarrukmo Yogyakarta, dengan cita rasa khas hotel bintang lima. Adapun aneka penyetan yang bisa disajikan dengan cara digoreng ataupun di bakar adalah daging ayam, burung dara, burung puyuh, bebek, ikan gurame, ikan nila, tahu, tempe, terong ungu, dan petai.

Ditemani dengan aneka nasi hangat yang dibungkus dengan daun pisang, seperti nasi putih, nasi kuning, nasi merah, dan nasi gurih, penyetan akan lebih terasa nikmat ketika dinikmati bersama aneka sambal. Adapun 4 jenis sambal yang tersedia adalah sambal terasi, sambal dabu-dabu, sambal tomat, dan sambal kecap. Sebagai pelengkap ada berbagai jenis sayuran lalapan, seperti ketimun, daun kemangi, terong hijau, kol, tomat, dan leuncak, serta sayur asem.

Selain aneka penyetan, ada juga aneka wedangan dan penganan tradisional lainnya. Berbagai macam wedang seperti wedang ronde, wedang angsle, wedang uwuh, wedang jahe, wedang secang, wedang kopi, dan wedang teh, akan sangat cocok ditemani dengan aneka jajan pasar dan aneka rebusan seperti pisang, jagung, dan kacang rebus.

Aneka penyetan dan wedangan ini hadir setiap hari Jumat dan Sabtu, mulai pukul 6 sore hingga 10 malam. Suasana di malam hari semakin semarak karena tamu bisa menikmati sajian aneka penyetan dengan ditemani alunan music akustik. Tamu dapat menikmati aneka sajian ini sepuasnya hanya dengan Rp. 125.000 per orang.

  • Share:

You Might Also Like

5 Comments