Lomba Fotografi Canon Street Pixmatography Yogyakarta

By poetry - 21.15


Canon melalui PT.Datascrip selaku distributor tunggal produk pencitraan digital di Indonesia mengadakan lomba fotografi bertajuk Canon Street Pixmatography yang diselenggarakan di Yogyakarta dan Jakarta. Di Yogyakarta ajang ini berlangsung pada 3 Mei 2015 di Gedung Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jl. Malioboro. Ini adalah pertama kali diselenggarakannya lomba foto bertema Street Photography dengan peserta yang langsung mencetak foto pilihannya di tempat menggunakan printer Canon PIXMA.

Acara ini dihadiri pula oleh Arya Nugrahadi, ST, M.Eng yang merupakan Kepala Bidang Pengembangan Destinasi  Dinas Pariwisata DIY. Kendati baru pertama kali diadakan, namun antusias peserta cukup tinggi. Hal ini terlihat dari ramainya peserta yang sudah mengantri di meja registrasi sejak pukul 07.00 WIB. Para peserta bukan hanya berasal dari Yogyakarta, melainkan juga dari berbagai kota di Jawa Tengah bahkan ada yang berasal dari Jakarta dan Bandung. Selain untuk meningkatkan brand awareness terhadap Canon di kota Yogyakarta dan sekitarnya, kegiatan ini juga bertujuan mengasah kemampuan memotret street photography. Melalui acara ini diharapkan dapat memperluas segmen pasar pengguna printer PIXMA.

Mekanisme lomba Canon Street Pixmatography cukup unik karena peserta ditantang untuk mendapatkan karya fotografi terbaiknya dengan waktu yang terbatas, hanya 90 menit. Tema yang diambil adalah “Jogja Hari Ini”. Peserta berusaha untuk mendapatkan objek serta momen yang natural dan menarik. Human interest, arsitektur, wisata dan budaya, menjadi objek yang menarik untuk dibidik di sekitar jalan Malioboro. 

Berbeda dengan lomba fotografi pada umumnya, setelah hasil karya terbaik peserta dikumpulkan ke panitia, semua karya peserta akan dicetak menggunakan printer PIXMA, kemudian dipajang sehingga satu sama lain bisa saling melihat hasil karyanya.

Sambil menunggu penilaian tim dewan juri, para peserta dihibur dengan tarian daerah. Serta hadir Agus Nonot membagikan pengalaman memotret street photography. Tim Dewan Juri yang didaulat memberikan penilaian foto dari peserta adalah Misbachul Munir, Pandji Vasco da Gama dan Budi Prast.

Dari sekitar duaratusan peserta yang berpartisipasi, keluarlah tiga nama sebagai pemenang utama Canon Street Pixmatography. Juara pertama diraih oleh Muhammad Hidayat yang mendapatkan Canon Powershot SX520 dan Canon PIXMA iP8770. Juara kedua diraih oleh Hari Agung AS yang berhak atas hadiah Canon PowerShot S200 dan Canon PIXMA MG5670. Juara ketiga diraih oleh Nasuha Ali Sobari yang mendapatkan hadiah Canon PIXMA MG7170.

“Canon Street Pixmatography menjadi ajang lomba foto yang pertama kali di Indonesia di mana para pesertanya tidak hanya berburu foto melainkan dapat mencetak hasil jepretan fotonya di tempat. Sehingga mereka dapat merasakan secara langsung hasil fotonya setelah selesai berburu. Meskipun baru pertama kali diselenggarakan, namun antusias peserta cukup banyak, tidak hanya dari kota Yogyakarta, namun juga berasal dari berbagai kota di Jawa Tengah dan sekitarnya,” bilang, Monica Aryasetiawan  selaku Division Manager Canon Consumer System Products Div.,PT. Datascrip.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments